Efektivitas Penggunaa Dana Desa (DD) Dalam Meningkatkan Pembangunan Di Desa Bilaporah Tahun 2021”

Authors

  • Halimatus Sakdiyah STKIP PGRI Bangkalan
  • Ika Lis Mariatun STKIP PGRI Bangkalan
  • Zaiful Arief STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v14i1.48427

Keywords:

Tingkat efektivitas, Dana Desa, pembangunan

Abstract

Dana desa adalah pemberian dana kepada setiap desa dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan pemerataan pembangunan desa. Dalam UU No. 06 tahun 2014 terdapat tiga tahapan dalam pembangunan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pembangunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan dana desa dalam meningkatkan pembangunan Desa Bilaporah Tahun 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian di peroleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentas. Hasil penelitian ini adalah secara keseluruhan penggunaan dana desa dalam meningkatkan pembangunan Desa Bilaporah di mulai dari tahap perencanaan dan pelaksanaan sudah dikatakan efektif, namun pada tahap pertanggungjawaban penggunaan dana desa belum berjalan efektif dikarenakan tidak adanya evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah desa bersama masyarakat tentang pembangunan yang sudah dilaksanakan. Oleh sebab itu dalam tahap pertanggungjawaban sebaiknya pemerintah desa melakukan rapat evaluasi bersama masyarakat sebagai bentuk transparansi pemerintah kepada masyarakat.

References

Ade Ahmad Wijaya. (2019). Efektivitas pemanfaatan dana desa dalam meningkatkan pembangunan ekonomi pedesaan di desa tamantirto kecamatan kasihan kabupaten bantul. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Ilmu Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Agustin, A. S. (2014). Efektivitas Dana Pembangunan Fisik Desa Pucangro Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2, Hal. 735-739.

Makmur, 2011. Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan, (Bandung: Refika Aditama. Hal: 7-9

Marihot, 2017. Mengevaluasi Dana Desa, peran sektor industri manufaktur dalam pembangunan ekonomi Indonesia, Buletin APBD pusat kehiatan angggaran badan keahlian DPR RI tensi XII. Vol. 11. Juli.

Muhadir, 2019. Efektivitas Pemanfaatan Alokasi Dana Desa (Add) Terhadap Pengembangan Potensi Masyarakat (Studi Kasus Desa Sabbang Paru Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang). Universitas Muhammadiyah Makassar.Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Sosiologi

M. Indra Maulana, 2018. Skripsi. “Peran Dana Desa Dalam Memberdayakan Masyarakat Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam”. (Lampung: UIN Raden Intan, 2018) Hal.19.

Nurcholis Hanif, 2011. Pertumbuhan & Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2011). Hal. 4.

Sinaga, M. 2018. Skripsi Analisis Efektivitas Alokasi Dana Desa Di Desa Sempajaya Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo. (Medan : USU, 2018) Hal.11 & 22.

Sulastri, N. 2016. Skripsi. “Efektivitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Dalam Meningkatkan Pembangunan Fisik Desa Lakapodo Kecamatan Watopute Kabupaten Muna”. (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Halu Oleo, Kendari, 2016) H.1 & H.16

Basuki Pujowalwanto,2014. Perekonomian Indonesia Tinjauan Historis, Teoristis, Dan Empiris (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014), H. 14 & H.25.

Indrawati, Sri Mulyani. 2017. Buku Pintar Dana Desa. Jakarta: Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2022-06-27

Issue

Section

Articles