FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN JASA PEGADAIAN SYARIAH KANTOR CABANG PEGADAIAN SYARIAH (KCPS) DENPASAR

Authors

  • Siti Hadijah .
  • Drs. Anjuman Zukhri, M.Pd. .
  • Kadek Rai Suwena, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v5i1.5076

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan jasa Pegadaian Syariah KCPS Denpasar, dan (2) faktor yang paling dominan yang mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan jasa Pegadaian Syariah KCPS Denpasar. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah yang menggunakan jasa Pegadaian Syariah KCPS Denpasar tahun 2014 dengan sampel sebanyak 98 responden. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobabily sampling dengan metode accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan analisis faktor melalui program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan jasa Pegadaian Syariah KCPS Denpasar, yaitu faktor tampilan fisik sebesar 67,138%, empati sebesar 20,960%, keandalan sebesar 6,889%, ketanggapan sebesar 2,919%, dan jaminan sebesar 2,094%. Faktor tampilan fisik menjadi faktor paling dominan karena memiliki variance explained tertinggi sebesar 61,798%, artinya faktor tampilan fisik mampu menjelaskan keputusan nasabah menggunakan jasa Pegadaian Syariah KCPS Denpasar sebesar 67,138%.
Kata Kunci : faktor menggunakan jasa, Pegadaian Syariah

This research is aimed to know (1) the factors that influence a customer’s decision to using service in the Sharia Pawnshop KCPS Denpasar, and (2) dominan factors influencing the customer's decision to using service in the Sharia Pawnshop KCPS Denpasar. This population of research was all customers who use the services of Sharia Pawnshop KCPS Denpasar in 2014 with 98 respondents. This research used a nonprobabily technique sampling with accidental sampling method. The collected data was using questionnaires and analyzed by factor analysis with SPSS 16.0. The results showed are five factors that influence customer’s decision to using service in the Sharia Pawnshop KCPS Denpasar. They were factor of the physical appearance with 67.138%, factor of empathy with 20.960%, factor of reliability with 6.889%, factor of responsiveness with 2.919%, and factor of the collateral with 2.094%. Factors of the physical appearance was the most dominant factor because it has the highest explained variance of 61.798%, which means that factor of the physical appearance able to explain the decisions of customers using service in the Sharia Pawnshop KCPS Denpasar with 67.138%.
keyword : The factors to using services, Sharia Pawnshop

Published

2015-06-25

Issue

Section

Articles