KEPUASAN PENGGUNA E-BANKING OLEH MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA SEBAGAI NASABAH PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO), TBK KANTOR CABANG SINGARAJA

Authors

  • Ni Putu Rita Arini Indiawati .
  • Dra. Lulup Endah Tripalupi,M.Pd .
  • Made Ary Meitriana, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v5i1.5078

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) layanan e-Banking yang sering digunakan, (2) kendala yang sering dialami, (3) kepuasan pengguna e-Banking oleh nasabah BNI, dan (4) layanan e-Banking yang harus ditingkatkan oleh PT. Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Singaraja. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 200 orang. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha angkatan tahun 2012 dan 2013 yang menggunakan e-Banking, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kepuasan nasabah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, yang selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) layanan e-Banking yang sering digunakan oleh nasabah adalah penarikan tunai, (2) kendala yang sering dialami oleh nasabah dalam melakukan transaksi e-Banking adalah tidak mendapatkan print out laporan/resi, (3) kepuasan pengguna e-Banking berada pada kategori puas dengan skor 25.309 yang berada pada rentang skor 21.171-26.880, dan (4) layanan e-Banking yang harus ditingkatkan oleh PT. Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Singaraja adalah penarikan tunai.
Kata Kunci : kepuasan nasabah, e-Banking

This research aimed to determine (1) e-Banking services which often used, (2) the constraints that are often experienced, (3) the satisfaction of users of e-Banking by BNI customers, and (4) e-Banking services which should be improved by PT. Bank Negara Indonesia Branch Office Singaraja. This research was a quantitative descriptive research with respondents as many as 200 people. The subjects of this study were students of Ganesha University of Education in 2012 and 2013 which use of e-Banking, whereas the object of this research is customer satisfaction. Data collection method used was a questionnaire, which was analyzed by descriptive analysis technique with quantitative approach. The results showed that (1) e-Banking services are frequently used by customer was cash withdrawals, (2) problems often experienced in e-Banking transactions by customer was not getting a print out reports / receipts, (3) the satisfaction of users of e-Banking were at category satisfied with the score 25,309 which is in the range 21171-26880 scores, and (4) e-Banking services should be improved by PT. Bank Negara Indonesia Branch Office Singaraja was the cash withdrawal.
keyword : costumer satisfaction, e-Banking

Published

2015-06-25

Issue

Section

Articles