PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SWALAYAN SINAR RAHAYU NEGARA TAHUN 2014

Authors

  • Ni Pt Septia Rosita .
  • Drs. I Made Nuridja, M.Pd. .
  • Kadek Rai Suwena, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v5i1.5209

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1)experiential marketing terhadap kepuasan pelanggan Swalayan Sinar Rahayu Negara Tahun 2014 ditinjau dari dimensi sense, feel, think, action dan relate, (2)experiential marketing secara simultan terhadap kepuasan pelanggan Swalayan Sinar Rahayu Negara Tahun 2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kausal dengan responden sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan kuisioner, yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis regresi berganda menggunakan SPSS 16.0 for windows yang meliputi uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1)experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Swalayan Sinar Rahayu Negara Tahun 2014 ditinjau dari dimensi sense, feel, think, action dan relate, ini ditunjukkan dengan nilaithitung=2,534>ttabel=1,98525ataup-value=0,013 <α=0,05 untuk Sense, nilaithitung=2,524>ttabel=1,98525ataup-value=0,013<α=0,05 untuk feel, nilaithitung= 2,682>ttabel=1,98525ataup-value=0,009<α=0,05 untuk think nilaithitung=7,770>ttabel=1,98525ataup-value= 0,000 <α=0,05 untuk action dan nilaithitung=12,343>ttabel=1,98525ataup-value=0.000<α=0.05 untuk relate. (2)Experiential Marketing berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan Swalayan Sinar Rahayu Negara Tahun 2014, hal tersebut ditunjukan dari hasil analisis Ftes yang menunjukkan bahwa nilaiFhitung=88,933>Ftabel=2,47ataup-value=0.000<α=0,05.
Kata Kunci : Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan

This research aims to determine the effect of (1) experiential marketing has partially towards customer satisfaction Sinar Rahayu Negara Supermarkets in 2014 observered of dimension sense, feel, think, action and relate. (2) experiential marketing has simultaneous towards customer satisfaction Sinar Rahayu Negara Supermarkets in 2014 This study used a causal research design with 100 people as respondents. The data collected by documentation and questionnaires methods, and then analyzed by multiple regression analysis using SPSS 16.0 for Windows which includes t test and F test. The results showed that (1) experiential marketing significant effect partially towards customer satisfaction Sinar Rahayu NegaraSupermarkets in 2014 observered of dimension sense, feel, think, action and relate, this is indicated by the value of tcount = 2,534> ttable = 1.98525 or p-value = 0.013 <α = 0.05 for the sense, the value of tcount = 2.524> ttable = 1.98525 or p-value = 0.013 <α = 0.05 for the feel, the value of tcount = 2,682> ttable = 1.98525 or p-value = 0.009 <α = 0.05 for the think, the value of tcount = 7.770> ttable = 1.98525 or p-value = 0,000 <α = 0.05 for the action and the value of tcount = 12.343> ttable = 1.98525 or p-value = 0.000 <α = 0:05 to for the relate. (2) Experiential Marketing significant effect simultaneous on Customer Satisfaction Sinar Rahayu Negara in 2014. It is indicates from the value of Fcount =88,933>Ftable =2,47 or p-value =0,000<α=0,05.
keyword : Experiential Marketing, Customer Satisfaction

Published

2015-07-13

Issue

Section

Articles