Analisis Pembiayaan Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun 2015

Authors

  • Ni Made Ratih Andini Nitiswara .
  • Drs. Anjuman Zukhri, M.Pd. .
  • Drs. I Made Nuridja, M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v5i1.5218

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber dan alokasi anggaran pendidikan di SMP Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun 2015, pelaksanaan pembiayaan pendidikan di SMP Laboratorium Undiksha Singaraja tahun 2015 dan bagaimana pengawasan dan pertanggungjawaban pembiayaan pendidikan di SMP Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun 2015. Jumlah informan sebanyak 6 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data bersifat deskriptif pendekatan kualitatif dengan komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber pembiayaan pendidikan berasal dari berbagai sumber sebesar Rp 871.602.864,00 alokasinya untuk pengembangan sekolah sebesar Rp 546.307.609,00. Pelaksanaan pembiayaan pendidikan dimulai dari perencanaan dengan acuan Rancangan Pendapatan Anggaran Biaya. Biaya yang tidak sesuai realisasinya dibuat rekapitulasi baru. Pengeluaran paling banyak digunakan untuk kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler siswa sebesar Rp 68.511.330,00. Pengawasan dan pertanggungjawaban dilaksanakan oleh Yayasan Universitas Pendidikan Ganesha, Komite Sekolah, dan Dinas Pendidikan.
Kata Kunci : Pembiayaan Pendidikan

This research is aimed to know source and allocation of education budget in SMP Laboratorium Undiksha Singaraja in 2015, education financing implementation in SMP Laboratorium Undiksha Singaraja in 2015, and how is the supervision and accountability of education financing in SMP Laboratorium Undiksha Singaraja in 2015. This research is done which took 6 informants. Data collection method used interview, observation, and documentation. Data analysis by descriptive qualitative main component are data reduction, data display, and verification. Data validity checking is done by triangulation technique. Research result with triangulation technique was the source of education financing come from another fund in the amount of Rp 871.602.864,00 the allocation used for school development in the amount of Rp 546.307.609,00. Education financing implementation started from planning with draft budget and revenues reference that make concept table. The cost which have been planned which the realization is not fit created a new recapitulation. The most widely used in the budget is for learning and extracurricular activities of students in the amount of Rp 68,511,330.00. While for the supervision and accountability by Ganesha University of Education Foundation, School Committee, and the Department of Education.
keyword : Education financing

Published

2015-07-19

Issue

Section

Articles