Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Melalui Koperasi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v15i1.56901Keywords:
Entretreneurship, Cooperation, Economic growthAbstract
The entrepreneurial spirit must be cultivated from an early age. Through art and skills in entrepreneurship, they are able to create business opportunities for themselves and society. Creating creative and innovative business fields is able to grow the wheels of the family, community and state economy. Entrepreneurship learning in theory and practice can be started in a school environment. Through the application of theory towards real practice, the entrepreneurial spirit is increasingly active, developing and even advancing. In the college environment, the application of an entrepreneurial spirit is realized through student cooperatives. Through student cooperatives, it is hoped that qualified entrepreneurial spirits will grow. Good and professional management and management will be able to develop a healthy student cooperative.
References
Alma, B. (2001). Kewirausahaan. Bandung: Alfa Beta.
Amelia. (2009). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan kemandirian pribadi terhadap kinerja usaha (studi kasus pada pedagang pakaian pajak sore jalan jamin ginting). Tesis: FE Universitas Sumatera Utara.
Astuti, S., & Sukardi, T. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian untuk berwirausaha pada siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), pp. 334-346.
Bass, B. M., & Avolio, B.J. (1993). Tansformational leadership and organizational culture. Public Administration Quarterly, 17(1), pp. 112-121.
Basuki, R. (2007). Analisis hubungan antara motivasi, pengetahuan kewirausahaan, dan kemandirian usaha terhadap kinerja pengusaha pada kawasan industri kecil didaerah pulogadung. Jurnal Usahawan, 2(10), pp. 1-8.
Boohene, R., A. Sheiridan, & Kotey, B. (2008). Gender, personal values, strategiesand small business performance: A Ghanaian case study.
Dalimunthe, J. (2012). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, motif berprestasi, dan kemandirian pribadi terhadap daya saing usaha (pengusaha kuliner skala kecil di jalan Dr. Mansur Medan). Jurnal Ekonomi,14 (1), pp. 20-25.
Djoko Suseno. (2008). Pengaruh Karakteristik Wirausaha dan Potensi Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha dengan Kebijakan Pengembangan UKM Sebagai Moderating (Studi Pada Pengusaha Kecil di Kota Surakarta dan Sekitarnya). Eksplorasi Volume XX No. 1 tahun 2008. [Online]. Tersedia: sjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/20108916.pdfFrederick, H. H., Kuratko, D.F.., & Hodgestts, R.M. (2006). Entrepreneurship: Theory, process and practice. Asia-Pacific Edition, Cengage Learning
Glendoh, S. H. (2013). Pembinaan dan pengembangan usaha kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 3(1), pp. 1 – 13.
Haryono, Tulus, dan Siti Khoiriyah. 2012. “Pengaruh perilaku kewirausahaan terhadap kinerja usaha kecil dan menengah (studi kasus pada UMKM di Surakarta).” Jurnal Online Universitas Negeri Sebelas Maret.
Husaini. (2004). Pengembangan jiwa kewirausahaan melalui peningkatan pendidikan kejuruan di Kabupaten Indragiri Hilir. Tesis. Sekolah Pascasarjana IPB Bogor.
Karsidi, R. (2007). Pemberdayaan masyarakat untuk usaha kecil dan mikro (pengalaman empiris di wilayah Surakarta Jawa Tengah). Jurnal Penyuluhan, 3(2), pp. 136-145.
Kasmir.2007. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT.RajaGraino Persada.
Kusmiati dan Desminiarti. 1990. Dasar-Dasar Perilaku. Edisi I. Jakarta: Pusdiknakes.
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186.
Munawar Thoharudin, Yulia Suriyanti. (2017). Peranan Koperasi Mahasiswa Dalam Membentuk Mental Enterpreneurship Mahasiswa. Jurnal SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4 (2), 2017.
Notoatmodjo, Soekidjo, 2003, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Peraturan Menteri KUKM N0: 02/Per/M.KUKM/I/2008. Tentang Pemberdayaan Business Development Services-Provider (BDS-P) untuk Pengembangan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) Qamariyah, I., dan D. M.
Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor.06/Per/M.KUKM/VIII/ 2012 tentang Pedoman Penanganan Benturan Kepentingan di Lingkungan Kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah.
Qamariyah, I. dan D. M. J. Dalimunthe. 2012. Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, motif berprestasi, dan kemandirian pribadi terhadap daya saing usaha (pengusaha kuliner skala kecil di jalan Dr. Mansur Medan). Jurnal Ekonomi 14 (1): 20–25.
Rogers, R.W. (1975). A protection motivation theory of fear appeals and attitude change. Journal of Psychology, 91, 93-114.
Schermerhorn, Jr., John R., 1999, Manajemen, diterjemahkan oleh M. Purnama Putranta dan Surya Dharma, Edisi Pertama, Yogyakarta.
Silalahi, Ulber. 2010. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama
Soekidjo Notoatmodjo. 1993. Pengantar Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset.
Soesarsono.2002. Pengantar Kewirausahaan. Bogor: IPB
Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Pendidikan. Jakarta: EGCCantillon, Richard. 2011. Essai Sur La Nature Du Commerce En General. Paris: Institut Coppet.
Suryana. (2009). Kewirausahaan, Pedoman Praktis: Kiat dan Proses menjadi Sukses, Salemba Empat.
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1967 tentang Pokok-Pokok Perkoperasian.
W, Thomas Zimmerer dan Norman Scarborough. 2008. Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management Terj. Deny Arnos Kwary. Person Education Inc,
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.