Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Daring (Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bondowoso)

Penulis

  • Serly Puspita Sari
  • Joko Widodo
  • Tiara Tiara Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v15i1.57501

Kata Kunci:

Persepsi, Pembelajaran, Pembelajaran Daring

Abstrak

This study aims to determine student perceptions of online learning in class X SMA Negeri 2 Bondowoso. This research is a descriptive quantitative research with data collection methods used, namely questionnaires, interviews, and documents. The subjects in this study were class X students of SMA Negeri 2 Bondowoso. The results of the research show that students' perceptions of online learning vary in terms of learning processes indicators and support. Students are less interested in learning online because they cannot interact smoothly with the teacher. In addition, students find it difficult to understand the material and do assignments because the assignments given are disproportionate. However, students can work on assignments independently. On the support indicator, some students receive support from related parties, including schools, government, and student guardians.

Biografi Penulis

Tiara Tiara, Universitas Jember

FKIP Pendidikan Ekonomi

Referensi

Adijaya, N., and L. P. Santosa. 2018. “Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online.” Wanastra 10(2):550

Adila, Kharizatul, and Yuzna Harisah. 2020. “Persepsi Siswa Kelas x MIPA SMA Negeri 1 Bojong Terhadap Pembelajaran Online Pada Pelajaran Matematika.” Seminar Nasional Pendidikan Matematika 401–6.

Ariani, Diana. 2018. “Komponen Pengembangan E-Learning.” Jurnal Pembelajaran Inovatif 1(1):58–64. doi: 10.21009/JPI.011.09.

Damanik, Agung Agatha, Abdul Aziz, Febri Prasetya, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, and Kampus Air Tawar. 2022. “PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN ( DARING ) KELAS X TPM Pengajaranmyang Diberikanmoleh Guru Dapatmnditerima , Dipahamimdan Dilaksanakan Langsung Olehmpeserta Didik Melaluimmetode Belajar Teorimdan Praktek ( Jamal S , 2020 ).” Jurnal Pendidikan 4(1):45–51.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1):55–61. doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.

Elyas, Ananda Hadi. 2018. “Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Warta 56(04):1–11.

Hadisi, La, and Wa Muna. 2015. “Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning).” Jurnal Al-Ta’dib 8(1):117–40.

Mustakim, Mustakim. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika.” Al Asma : Journal of Islamic Education 2(1):1. doi: 10.24252/asma.v2i1.13646.

Puspaningtyas, Nicky Dwi, and Putri Sukma Dewi. 2020. “Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daring.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI) 3(6):703–12. doi: 10.22460/jpmi.v3i6.703-712.

Sabaniah, Siti, Dadan F. Ramdhan, and Siti Khozanatu Rohmah. 2021. “Peran Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Wabah Covid - 19.” Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2(1):43–54. doi: 10.51276/edu.v2i1.77.

Samsinar, dkk. 2021. Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021. Universitas Negeri Makassar.

Sudijono, A. 2018. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada

Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020. Pedoman Penyelenggaran Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta: Kemdikbud.

Thoha, M. 2019. Perilaku Organisasi: Konsep dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Dani Offset.

Diterbitkan

2023-07-09

Terbitan

Bagian

Articles