FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGAMBIL KREDIT PADA PT. FINANSIA MULTI FINANCE (KREDIT PLUS) POS SINGARAJA

Authors

  • I Gusti Ngurah Kardi Yasa .
  • Drs. Anjuman Zukhri, M.Pd. .
  • Drs. I Made Nuridja, M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v5i1.6087

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam mengambil kredit pada PT. Finansia Multi Finance (Kredit Plus) Pos Singaraja, dan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan nasabah dalam mengambil kredit pada PT. Finansia Multi Finance (Kredit Plus) Pos Singaraja. Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Fianansia Multi Finance (Kredit Plus) Pos Singaraja dengan jumlah responden 100 orang. Data yang dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan kuesioner (angket), dianalisis dengan analisis faktor melalui Statistical Program Social Scence (SPSS) 18.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat lima faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam mengambil kredit pada PT. Finansia Multi Finance (Kredit Plus) Pos Singaraja yaitu faktor produk, faktor proses, faktor bukti fisik, faktor kehandalan dan faktor jaminan. Besanya varience explained masing-masing faktor secara berurutan yaitu faktor produk sebesar 32,846%, faktor proses sebesar 20,504%, faktor bukti fisik sebesar 19,385%, faktor kehandalan sebesar 14,725% dan faktor jaminan sebesar 12,540%. Faktor produk merupakan faktor paling dominan yang memiliki varience explained tertinggi yaitu 32,846% artinya kejelasan dari faktor produk yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam mengambil kredit pada PT. Finansia Multi Finance (Kredit Plus) Pos Singaraja sebesar 32,846%.
Kata Kunci : keputusan nasabah dalam mengambil kredit

This study aim to find the factors that influence in the customer’s decision to take credit in PT. Finansia Multi Finance (Kredit Plus) Pos Singaraja and the most dominant factor influence the customer’s decision for get the credit in PT. Finansia Multi Finance (Kredit Plus) Pos Singaraja. This research was conducted in PT. Finansia Multi Finance (Kredit Plus) Pos Singaraja, involving of 100 people as the respondents. Data were collected by documentation and questionnaire, were analyzed by factor analyzed through Social Scence Statistical Program (SPSS) 18.0 for windows. The result this study showed that five factors witch influences in the customer’s decision to take credit in PT. Finansia Multi Finance (Kredit Plus) Pos Singaraja namely the product factor, process factor, tangible factor, reliability factor and assurance factor. The amount of varience explained proficiency level of each factor in a row, the product of 32,846%, process of 20,504%, tangible of 19,385%, reliability of 14,725% and assurance 12,540%. Product factor became the most dominant factor that has the highest varience explained of 32,846% it means that product factor witch influences the customer’s to take credit in PT. Finansia Multi Finance (Kredit Plus) Pos Singaraja of 32,846%.
keyword : in the customer’s decision to take credit

Published

2015-10-30

Issue

Section

Articles