PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KEGIATAN PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI KOTA SINGARAJA

Authors

  • Ni Putu Eka Sri Widiawahyuni .
  • Dra. Lulup Endah Tripalupi,M.Pd .
  • Prof. Dr. Naswan Suharsono, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v5i1.6372

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kemampuan guru mengelola pembelajaran IPS dan besarnya pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kemampuan guru mengelola pembelajaran IPS di SMP Negeri Kota Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan kualititatif. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t dan R2. Penelitian ini adalah penelitian populasi dimana seluruh guru IPS SMP Negeri di kota Singaraja berjumlah 45 orang digunakan sebagai sampel. Variabel bebas penelitian adalah kompetensi pedagogik (X) dan variable terikatnya kemampuan guru mengelola pembelajaran (Y). Data yang dikumpulkan dengan metode kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan kompetensi pedagogik terhadap kemampuan guru mengelola pembelajaran IPS di SMP Negeri Kota Singaraja (t hitung 11,065 > t tabel 1,684), dan (2) pengaruh kompetensi pedagogik sebesar 74,0% terhadap kemampuan guru mengelola pembelajaran IPS di SMP Negeri Kota Singaraja, sisanya 26,0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ungkap dalam penelitian ini.
Kata Kunci : : kompetensi pedagogik, kemampuan guru mengelola pembelajaran

This study aims to determine the influence of pedagogical competence of the teacher's ability to manage learning IPS and the influence of pedagogical competence of the teacher's ability to manage learning IPS in Singaraja City Junior High School. This study used a qualitative design. The data in this study were analyzed using t test and R2. This study is a population where all Junior High School social studies teacher in the city of Singaraja totaling 45 persons used as a sample. The independent variables were the pedagogic competence (X) and the dependent variable teacher's ability to manage learning (Y). Data collected by questionnaire method. The analysis technique used is the statistical analysis t test and R2. The results showed that (1) there is a significant effect on the ability of teachers' pedagogical competence to manage learning IPS in Singaraja City Junior High School (11.065 t count> t table 1.684), and (2) the influence of pedagogical competence by 74,0% against the teacher's ability to manage learning IPS Singaraja City Junior High School, the remaining 26,0% is influenced by other factors not revealed in this study.
keyword : pedagogical competence, the ability of teachers to manage learning

Published

2016-01-28

Issue

Section

Articles