PENGARUH PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA SMA SE-KECAMATAN SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Putu Sugiasih .
  • Dra. Lulup Endah Tripalupi,M.Pd .
  • Made Ary Meitriana, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v5i1.6390

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peran guru sebagai motivator (2) motivasi belajar (3) pengaruh peran guru sebagai motivator terhadap motivasi belajar Ekonomi siswa SMA se-Kecamatan Seririt tahun pelajaran 2014/2015. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kausalitas dengan populasi 608 siswa dan jumlah sampel sebanyak 82 siswa. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner,dianalisis menggunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru berperan baik sebagai motivator siswa dengan total skor 4497 berada pada rentang skor 3905 – 4822, (2) motivasi belajar Ekonomi siswa baik dengan total skor 4568 berada pada rentang skor 3905 – 4822, (3) ada pengaruh peran guru sebagai motivator terhadap motivasi belajar Ekonomi yang ditunjukkan dengan hasil analisis ‘t’ tes karena t_hitung > t_tabel yaitu 6.570 > 1.989 dengan p-value < α yaitu 0.000 < 0.05. Besarnya nilai R Square 0,350. Hal ini menunjukkan bahwa sumbangan pengaruh dari variabel peran guru sebagai motivator (X) terhadap motivasi belajar (Y) sebesar 35%.
Kata Kunci : peran guru sebagai motivator, motivasi belajar

The research aims to understand (1) role of teachers as motivator (2) the motivation to study (3) the influence of the teacher's role as a motivator toward high school students’ motivation to learn economic at Seririt District in academic year 2014/2015. The design of research used is causal, the number of population are 608 students and the samples are 82 students. Data were collected by using the documentation and questionnaire method,analyzed used descriptive with the quantitative approach.The research results show that (1) teachers had a role either as motivator students with a total score 4497 of the range score 3905 - 4822, (2) the students have a good motivation for study economy with a total score 4568 of the range score 3905 - 4822, (3) there is the influence of role of teachers as motivator to the motivation to study economic demonstrated by the results of the analysis ‘t’ test because t_hitung > t_tabel that was 6.570 > 1.989 with p-value < α that was 0.000 < 0.05 . The value of R Square 0,350. This shows that contributions influence of variable role of teachers as motivator (X) of the motivation to study (Y) as much as 35%.
keyword : teachers’ role as motivator, learning motivation

Published

2016-01-28

Issue

Section

Articles