KONTRIBUSI HASIL BELAJAR MATA KULIAH MICRO TEACHING (PPL I) TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI MELAKSANAKAN PPL II

Authors

  • Putu Ayu Liana Dewi .
  • Made Ary Meitriana, S.Pd. .
  • Dra. Lulup Endah Tripalupi,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v6i1.6592

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan skor hasil belajar mata kuliah micro teaching terhadap kesiapan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi melaksanakan PPL II, dan (2) kontribusi mata kuliah micro teaching terhadap Kesiapan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi melaksanakan PPL II. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada hubungan antara hasil belajar mata kuliah Micro Teaching terhadap kesiapan mahasiswa melaksanakan PPL II. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan Rhitung 0,171 < Rtabel 0,329 dengan tingkat signifikansi 5%., dan (2) besarnya kontribusi hasil belajar Micro Teaching (X) terhadap kesiapan PPL II (Y) adalah sebesar 0,029. Hal ini berarti hasil belajar mata kuliah Micro Teaching memiliki kontribusi sebesar 0,029 (2,9%) dengan kesiapan kesiapan mahasiswa melaksanakan PPL II, sedangkan sisanya 0,971 (97,1%) berhubungan dengan faktor lain yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Kontribusi Hasil Belajar Micro Teaching, PPL II

This research objective is to determinate the (1) relationship between micro teaching study scores outcomes to the readiness of Economic Education Department Student to implement PPL II, and (2) micro teaching courses contribution to the readiness of Economic Education Department Student to implement PPL II. This research was a descriptive research with a quantitative approach. Data collected by documentation and questionnaires methods. The results of the research is (1) there is no relationship between learning outcomes in Micro Teaching courses on the readiness to implement PPL II. This is showed by the acquisition of r count 0.171 < r tablel 0.329 with significance level of 5%, and (2) the contribution of learning outcomes in Micro Teaching study (X) on the readiness of PPL II (Y) is equal to 0.029. This means that the learning outcomes Micro Teaching subjects have contributed 0,029 (2.9%) with the readiness of the student's
keyword : Micro Teaching, PPL II, study result contribution,

Published

2016-02-28

Issue

Section

Articles