ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM PEMILIHAN MATA KULIAH KONSENTRASI JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2012 DAN 2013

Authors

  • I Ketut Sukmayasa .
  • Drs. Anjuman Zukhri, M.Pd. .
  • Drs. I Nyoman Sujana,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v6i1.7222

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2012 dan 2013 dalam memilih mata kuliah konsentrasi, dan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2012 dan 2013 dalam memilih mata kuliah konsentrasi. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Ekonomi dengan jumlah responden sebanyak 111 orang. Data yang dikumpulkan dengan metode kuesioner, dianalisis dengan analisis faktor melalui Statistical Program Sosial Scence (SPSS) 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tujuh faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2012 dan 2013 dalam memilh mata kuliah konsentrasi, yaitu faktor kognitif, faktor afektif, faktor ciri-ciri kepribadian, faktor kebudayaan, faktor keluarga, faktor status sosial, dan faktor kelompok acuan. Faktor kognitif memiliki variance explained tertinggi yaitu sebesar 39,470%, artinya bahwa faktor kognitif mampu menjelaskan keptusan mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2012 dan 2013 dalam memilih mata kuliah konsentrasi sebesar 39,470%.
Kata Kunci : Pemilihan mata kuliah konsentrasi

The aims of this study is to determine the factors that influenced the decision of the Economic Education Department students class of 2012 and 2013 in selecting concentration courses, and the most dominant factor influencing the decision of Economic Education Department studentsclass of 2012 and 2013 in selecting concentration subjects. This research was conducted at the Department of Economic Education by the number of respondents was 111 persons. Data was collected by questionnaire,were analyzed by factor analysis through Social Science Statistical Program (SPSS) 16.0 for Windows. The results showed that there are seven factors that influence the decision of students from the Department of Economic Education class of 2012 and 2013 in selecting concentration subject, namely cognitive factor, affective factor, personality traitsfactor, cultural factor, family factor, social status factor, and the factor group reference. Cognitive factor have higher explained variance in the amount of 39.470%, which means that the cognitive factoris capable to explaining students decision of Department of Economic Education class of 2012 and 2013 in selecting a concentration subject of 39.470%.
keyword : Selecting Concentration Subject

Published

2016-06-30

Issue

Section

Articles