IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X SMK N 1 SUKASADA, TAHUN AJARAN 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7578Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan aktivitas, dan (2) hasil belajar Kewirausahaan siswa melalui Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada siswa kelas X MM (Multimedia) 2 SMK Negeri 1 Sukasada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Data aktivitas belajar dikumpulkan dengan metode observasi dan data hasil belajar dikumpulkan melalui metode tes. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata skor aktivitas belajar siklus I sebesar 33,5 dengan kategori cukup aktif selanjutnya meningkat menjadi 39,25 dengan kategori aktif pada siklus II. (2) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata skor hasil belajar siklus I sebesar 77,12 dengan kategori cukup selanjutnya meningkat menjadi 89,35 dengan kategori sangat baik pada siklus II.Kata Kunci : Aktivitas belajar, hasil belajar dan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization)
This study aims to determine (1) the increase in activity, and (2) Entrepreneurship student learning outcomes through the implementation of cooperative learning model type TAI (Team Assisted Individualization) in class X MM (Multimedia) 2 SMK Negeri 1 Sukasada the academic year 2015/2016. This research is a classroom action research conducted in two cycles with each cycle stages include planning, action, observation and evaluation, and reflection. Learning activity data collected by observation and learning outcomes data collected through testing methods. The collected data were analyzed using quantitative descriptive analysis. The results showed that, (1) the implementation of cooperative learning model type TAI can improve student learning activity as indicated by the average score of the first cycle of learning activities 33.5 with further active enough category increased to 39.25 with the active category in the second cycle. (2) Implementation of cooperative learning model type TAI can improve student learning outcomes as indicated by the average score of the first cycle of learning outcomes 77.12 with enough categories is further increased to 89.35 with excellent category on the second cycle.
keyword : Learning activities, learning outcomes and cooperative learning model type TAI (Team Assisted Individualization)
Published
2016-07-18
Issue
Section
Articles