PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X-1 SMA N 1 SAWAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Authors

  • Ni Luh Diani .
  • Made Ary Meitriana, S.Pd. .
  • Prof. Dr. Naswan Suharsono, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7672

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Sawan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media gambar dalam pembelajaran ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen one group pre-test post-test design yang dilakukan dua tahap. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar siswa dengan menggunakan metode tes yang dianalisis dengan menggunakan paired sample t-test. Penelitian menunjukkan pada tahap pertama, nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum treatment adalah 63,6 dan setelah treatment adalah 84,2 dengan t-hitung adalah -6.645 dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05 dan pada tahap kedua, nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum treatment adalah 64,80 dan setelah treatment adalah 86,0 t-hitung adalah -7.861 dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, yang berarti hasil belajar siswa sebelum dengan sesudah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media gambar adalah berbeda. Penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran juga menunjang proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media gambar adalah berbeda.
Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe NHT, media gambar, hasil belajar

This study aims to find differences in learning outcomes of students of class X-1 SMA Negeri 1 Sawan pre-test and post-test implementation of cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) images in the media-aided learning economy. This study is pre-experiment one group pre-test post-test research done in two phases. The collected data were anylized by using paired sample t-test method. The researchshowed in the first, The means of student learning outcomes before treatment was 63.6 and after treatment was 84.2, with phase was -6,645 with 0.000 <0.05 p-value, and the second, The means of student learning outcomes before treatment was 64,80 and after treatment was 86,0, with phase was -7,861 with 0.000<0.05 p-value. Therefore, the null hyphothesis (Ho) was rejected which meant that the results of student learning before and after the implementation of cooperative learning model NHT media using images was not the same. The usage of media images in the learning process also improved student learning outcomes. Based on the research findings, the average student learning outcomes before and after implementation of cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) media-aided image is different.
keyword : cooperative learning model THT, media image, learning outcomes

Published

2016-07-20

Issue

Section

Articles