PENGARUH PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA DI DESA SIDAN KEC. GIANYAR, KAB. GIANYAR TAHUN 2015

Authors

  • I Made Budiyanto .
  • Kadek Rai Suwena, S.Pd., M.Pd. .
  • Drs. I Made Nuridja, M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7674

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda di Desa Sidan, Kec. Gianyar Kab. Gianyar, (2) besar pengaruh persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda di Desa Sidan, Kec. Gianyar Kab. Gianyar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kausal. Populasi adalah seluruh konsumen sepeda motor merek Honda di Desa Sidan dengan jumlah sampel 100 orang dengan teknik non probability sampling yaitu accidental sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Kemudian diolah dengan analisis regresi linear sederhana menggunakan Statistical Package of the Social Science (SPSS) 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi kualitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukan dari nilai thitung>ttabel (14,671>1,985) dengan taraf signifikan 0,000>0,05, (2) besar pengaruh persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda di Desa Sidan, Kec. Gianyar Kab. Gianyar dilihat dari R Square sebesar 0,687atau 68,7%.
Kata Kunci : keputusan pembelian, persepsi kualitas.

This research aims to understand (1) the influence perceptions of quality of the decision of the purchase of a motorcycle brand Honda in the village of Sidan, Kec. Gianyar Kab. Gianyar, (2) how much influence perception of the quality of the decision of the purchase of a motorcycle brand Honda in the village of Sidan, Kec. Gianyar Kab. Gianyar. This research using a causal research. The population is a whole consumers motorcycle brand Honda in the village Sidan with the total sample 100 people to technique non probability of sampling the accidental sampling. The kind of data that used in this research was data qualitative and quantitative data, the data used is primary and secondary data. Data collection method used is the questionnaire and interview. Then mixed with regression analysis linear simple using Statistical Package of the Social Science (SPSS) 16.0 for windows. The research results show that (1) perception the quality of significant of the decision the purchase demonstrated from value t count > t table (14,671>1,985) with the economic situation of significant 0,000>0.05, (2) big the influence of perception the quality of the decision the purchase motorcycle brand Honda in the Sidan village, Kec. Gianyar Kab. Gianyar seen from R square of 0,687 or 68,7%.
keyword : Decision to buy, perception quality

Published

2016-07-20

Issue

Section

Articles