Persepsi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Terhadap Keberadaan Bank Mini di Program Studi Pendidikan Ekonomi Undiksha

Authors

  • Ahmad Agung Restiyawan .
  • Drs. I Nyoman Sujana,M.Si .
  • Dra. Lulup Endah Tripalupi,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7742

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Pendidikan Ekonomi terhadap (1) manfaat dan (2) pengelolaan bank mini di Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha yang berada pada semester IV (empat), VI (enam), dan VIII (delapan) berjumlah 249 orang. Sampel berjumlah 72 orang, dan diambil dengan teknik proportionate areal random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner, dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi mahasiswa Pendidikan Ekonomi terhadap manfaat bank mini ditinjau dari faktor fungsional berada pada kategori baik dengan total skor sebesar 6.500 yang berada pada skala interval 5.627,4 - 6.952,2, (2) persepsi mahasiswa Pendidikan Ekonomi terhadap pengelolaan bank mini ditinjau dari faktor struktural dan situasional berada pada kategori cukup baik dengan total skor sebesar 5.783 yang berada pada skala interval 4.384 - 5.824.
Kata Kunci : Bank Mini, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Persepsi

This research aimed to know economics education students’ perception toward (1) the benefit and (2) the management of “mini-bank at Economics Education of Department”. The type of this study was descriptive study which used qualitative approach. The population of this research was all college students on the 4th, 6th, and 8th semester which amount 249 students at Economics Education of Department Faculty of Economy Ganesha University of Education. The sample was 72 students and was taken by proportionate area random sampling technique. The data were collected by using questionnaire method. Then, they were analyzed by using descriptive technique. The results of this study show that (1) students’ perception toward the benefit of “mini-bank at Economics Education of Department” was on good category with the total score 6.500, which was on interval scale 5.627,4 - 6.952,2, (2) students’ perception toward the management of “mini-bank at Economics Education of Department” was on enough good with the total score 5.783, which was on interval scale 4.384 - 5.824.
keyword : Economics Education of Department, “Mini-Bank”, Perception

Published

2016-07-21

Issue

Section

Articles