PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • Kadek Mega Rahayuni .
  • Dr. Iyus Akhmad Haris,M.Pd .
  • Drs. I Made Nuridja, M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7796

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa (2) meningkatkan hasil belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, yang didalamnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 35 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) observasi (2) tes. Lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang aktivitas belajar. Tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penelitian terhadap aktivitas belajar siswa pada Siklus I sebesar 7,02 yang berada pada kategori cukup aktif dan pada Siklus II meningkat menjadi 9,48 yang berada pada kategori aktif. (2) Hasil belajar siswa pada siklus I, ketuntasan belajar diperoleh persentase sebesar 71,43 % dan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 88,57 %.
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, aktivitas belajar dan hasil belajar siswa

his study aims to (1) improve the students learning activities (2) improve student learning outcomes of the application of cooperative learning model type group investigation on D class VIII SMP Negeri 3 Singaraja. This research is a classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of 3 sessions, which involves a series of planning, action, evaluation and reflection. The subjects were students of class VIII D SMP Negeri 3 Singaraja 2015/2016 academic year consisting of 35 students. Collecting data in this study carried out by the method (1) Observation (2) test. Observation sheet used to collect data on learning activities. The test is used to collect data on learning outcomes. The collected data were analyzed descriptively. The results showed that (1) the model group investigation cooperative learning can enhance students' learning activities. This is shown by the results of a study of the activity of students in the first cycle at 7.02 which is the category is quite active and on the second cycle increased to 9.48 which are in the active category. (2) The results of students in the first cycle, learning completeness obtained a percentage of 71.43% and the second cycle learning completeness increased to 88.57%.
keyword : Model group investigation cooperative learning , learning activities and student learning outcomes

Published

2016-07-22

Issue

Section

Articles