Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Make a match Dalam Pelajaran IPS Ekonomi di Kelas X Admistrasi Perkantoran

Authors

  • Tri Rahayu .
  • Prof. Dr. Naswan Suharsono, M.Pd .
  • Drs. I Nyoman Sujana,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7800

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terkait hasil belajar sebelum dan sesudah penerapanya, dengan subjek siswa kelas X Administrasi Perkantoran tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan dua kali observasi pre-tes, post-tes dan tes sebagai metode dalam mencari data hasil belajar yang kemudian dianalisis menggunakan Paired sample t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe kartu berpasagan diterapkan dengan sintak (a) mengelompokkan siswa (b) mencari pasangan (c) mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar (c) diskusi (d) presentasi, dengan meningkatan rata-rata hasil belajar siswa 59.16 menjadi 76.45 dan siswa tuntas kkm 16% menjadi 75% pertemuan I, pertemuan II rata-rata hasil belajar siswa 53.16 menjadi 75.15 dan siswa tuntas kkm 20.08% menjadi 79%. Ada perbedaan antara sebelum dan sesudah pelakuan pada pertemuan I beda rata-rata hasil belajar siswa -23,125 dan pada pertemuan II -23.333 dengan probabilitas (sig) <0.005.
Kata Kunci : kooperatif tipe make a match, Paired sample t-tes, hasil belajar

This study aims to implement cooperative learning type make a match-related learning outcomes before and after their applicability, the subject of class X of Office Administration in the academic year 2015/2016. This research is applied with two observations pre-test, post-test and test as a method in finding the learning outcomes data were then analyzed using paired sample t-test. The results showed that the cooperative learning model card berpasagan applied with syntax (a) group students (b) finding a partner (c) organize the students in the study group (c) discussion (d) the presentation, by increasing the average student learning outcomes 59.16 into 76.45 and students completed KKM 16% to 75% the first meeting, the second meeting of the average student learning outcomes 53.16 into 75.15 and students completed KKM 20.08% to 79%. There is a difference between before and after the commission of the first meeting depending on the average results of student learning and the meeting II -23.125 -23 333 with probability (sig) <0.005.
keyword : cooperative type make a match, paired sample t-tes, learning outcomes

Published

2016-07-22

Issue

Section

Articles