PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SINGARAJA

Authors

  • Ni Nyoman Wulan Swidiana Sari w .
  • Made Ary Meitriana, S.Pd. .
  • Dr. Iyus Akhmad Haris,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7801

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) disiplin belajar, (2) lingkungan keluarga, dan (3) pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah kausalitas dengan populasi 401 siswa dan jumlah sampel sebanyak 200 siswa. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi, observasi dan kuesioner. Data dianalisis dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) disiplin belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan hasil nilai ttes1,116 < ttabel1,65263 dan p-value 0,266 > α 0,05. (2) Lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan hasil nilai ttes-2,423 > ttabel1,65263 dan p-value 0,016 < α 0,05. (3) Ada pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang ditunjukkan dengan hasil analisis nilai Fhitung 4.501 > Ftabel 3,04 dengan p-value 0.012 < α 0.05. Nilai koefisien determinasi disesuaikan sebesar 0,034 artinya 3,4% prestasi belajar dipengaruhi oleh disiplin belajar dan lingkungan keluarga sedangkan sisanya sebesar 96,6% dipengaruhi oleh faktor lain
Kata Kunci : disiplin belajar, lingkungan keluarga, prestasi belajar

Research aims to understand (1) discipline learning, ( 2 ) family environment, and ( 3 ) the influence discipline learning and family environment to learning achievements social science students viii junior high schools 3 singaraja.The kind of research used is causality with a population of 401 student and the number of samples from 200 students.Data were collected uses the documentation, observation and the questionnaire.Data analysis with multiple regression. The research results show that ( 1 ) discipline learning has no significant impact on learning achievements with the results of the value of ttes1,116 < ttabel1,65263 and p-value 0,266 > α 0,05 .( 2 ) family environment influential significantly to learning achievements with the results of the value of ttes-2,423 > ttabel1,65263 and p-value 0,016 < α 0,05. (3) of the influence of discipline there are learning and family environment against learning achievements social science being indicated by the results of the analysis of the value of Fhitung 4.501 > Ftabel 3,04 with p-value 0.012 < α 0.05. The value of the coefficients determined adjusted 0.034 3.4 % it means learning achievements influenced by the discipline of learning and family environment while the rest of 96.6 % influenced by other factors
keyword : discipline learning , family environment , learning achievements

Published

2016-07-22

Issue

Section

Articles