PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM-BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 1 SAWAN TAHUN 2012/2013

Authors

  • I Gede Made Cahyadi Sudarman

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v2i1.807

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan respon siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X1 SMA negeri 1 Sawan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, danĀ  refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Sawan berjumlah 27 siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data siklus 1 yaitu rata-rata aktivitas belajar 11,03, dan persentase ketuntasan hasil belajar siklus 1 secara klasikal 72,40%. Hasil analisis data siklus 2 yaitu rata-rata aktivitas belajar 14,90, dan persentase ketuntasan hasil belajar siklus 2 secara klasikal 75,92%. Sedangkan hasil analisis data siklus 3 yaitu rata-rata aktivitas belajar 17,01, dan persentase ketuntasan hasil belajar siklus 3 secara klasikal 100,00%. Rata-rata respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah yaitu sebesar 40,37.

Kata kunci : Aktivitas belajar, Hasil belajar, Respon siswa, Model Pembelajaran berbasis masalah

Downloads

Published

2013-07-04