Pengaruh Penggunaan E-Wallet terhadap Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian

Authors

  • Adisty Fadhila Universitas Negeri Yogyakarta
  • Putri Marganing Utami Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v16i3.81066

Keywords:

E-wallet, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian

Abstract

Kemajuan teknologi melahirkan inovasi di berbagai bidang, termasuk ekonomi. Perkembangan teknologi memudahkan aktiftas dalam transaksi ekonomi yang tidak terbatas tempat dan waktu. Adanya inovasi pembayaran menggunakan e-wallet yang lebih aman, nyaman, efektif dan efisien sangat memudahkan pengguna yang ingin melakukan transaksi ekonomi. Tentunya kemudahan ini juga dapat membawa pengaruh perilaku konsumen dalam menentukan Keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur, dengan melakukan pengumpulan referensi dari berbagai sumber yang sesuai dengan permasalahan. Sumber dan refernsi dikumpulkan melalui buku, jurnal, artikel dan internet. Metode ini dilakukan agar dapat menjadi landasan teori dalam penyelsaian masalah yang diteliti.

References

Aulia, T. N., Suryadi, E., & Safitri, H. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Wallet dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif. Owner, 7(3), 2010–2020. https://doi.org/10.33395/owner.v7i3.1601

Hardianti Utari, R., Kartika Pertiwi, T., Studi Magister Manajemen, P., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2021). Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. PERSEPSI BELANJA MENGGUNAKAN APLIKASI E-WALLET (Studi Pada Pengguna E-Wallet DANA di Indonesia). Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research. ( Printed), 5(1). http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar,

Kusnawan, A., Silaswara, D., Sefung, A. T., Budhi, U., & Tangernag, D. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. In Jurnal Sains Manajemen (Vol. 5). www.cermati.com

Mahasiswa, J., & Samudra, A. (2023). DIGITAL (E-WALLET) (Vol. 4, Issue 2).

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77. https://doi.org/10.33369/jip.6.1

Pengaruh_Fintech_e-wallet_Terhadap_Perilaku_Konsum. (n.d.).

Rahmania, A., Farchan Agil, M., Siswanto, S. A., Datumaya, A., Sumari, W., Studi, P., Informatika, T., Informasi, J. T., & Malang, N. (2022). DIGITAL MASYARAKAT PADA E-WALLET DI MASA PANDEMI. In Jurnal MNEMONIC (Vol. 5, Issue 2). https://youtu.be/DjSIhLxR1HM

Wardhana, A. (n.d.). TEORI PERILAKU KONSUMEN. https://www.researchgate.net/publication/359341317

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Fadhila, A., & Utami, P. M. (2024). Pengaruh Penggunaan E-Wallet terhadap Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 16(3), 503–508. https://doi.org/10.23887/jjpe.v16i3.81066

Issue

Section

Articles