PENGARUH FAKTOR PRIBADI DAN KARAKTERISTIK ORGANISASI PEMBELI TERHADAP PENGADOPSIAN HANDPHONE ANDROID MEREK SAMSUNG DI DESA WALIDONO TAHUN 2016

Authors

  • Faridhotul Masruroh .
  • Made Ary Meitriana, S.Pd. .
  • Drs. I Nyoman Sujana,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v8i3.8661

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh faktor pribadi terhadap pengadopsian, (2) pengaruh faktor karakteristik organisasi pembeli terhadap pengadopsian dan (3) pengaruh faktor pribadi dan karakteristik organisasi pembeli terhadap pengadopsian Handphone Android merek Samsung.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penduduk desa Walidono yang menggunakan Handphone Android merekSamsung .Sampel berjumlah 87 orang.Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampilng.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan kuesioner, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis regresi berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh faktor pribadi terhadap pengadopsian. Hal ini dapat di lihat dari thitung > ttabelyaitu sebesar 7,856 > 1,66320. (2) Ada pengaruh faktor karakteristik organisasi pembeli terhadap pengadopsian. Hal ini dapat di lihat dari thitung > ttabel yaitu sebesar 15,455 > 1,66320. (3) Ada pengaruh faktor pribadi dan karakteristik organisasi pembeli secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap pengadopsian Handphone Android. Hal ini dapat di lihat dari Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 129,349 > 3,11, dan besar pengaruhnya sebesar 0,749 (74,9%), sedangkan 25,1% tersebut dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Faktor Karakteristik, Faktor Pribadi, Pengadopsian

This study aims to examine (1) the influence of personal factors to the adoption, (2) the influence of organizational characteristics of the buyer to the adoption and (3) the influence of personal and organizational characteristics of the buyer to the adoption of Mobile Android brand Samsung. This research is causal research. The population in this study were all villagers Walidono that use Android Mobile brand Samsung. Samples numbered 87 people. The sampling technique used sampilng accidental. Data collection method used is the method of documentation and questionnaires, the data were analyzed by multiple regression analysis. The results of this study indicate that (1) There are personal factors influence the adoption. It can be viewed from taccount> ttable that is equal to 7.856> 1.66320. (2) There is the influence of the buyer to the adoption of organizational characteristics. It can be viewed from taccount> ttable amounting 15.455> 1.66320. (3) There is the influence of personal and organizational characteristics together buyers positive effect on the adoption of Android mobile phones. It can be viewed from Fhitung> Ftable amounting 129.349> 3.11, and the great influence of 0.749 (74.9%), while 25.1% is explained by other factors that are not included in this study.
keyword : Characteristics Factors, Personal Factors, Adoption

Published

2016-11-02

Issue

Section

Articles