Studi Komparatif Brand Loyalty Air Minum Dalam Kemasan Yeh Buleleng Dan Aqua Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2015/2016

Authors

  • Fevi Anggraeni .
  • Drs. I Nyoman Sujana,M.Si .
  • Kadek Rai Suwena, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v8i3.8696

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan loyalitas merek air minum dalam kemasan Yeh Buleleng dan Aqua pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Undiksha ditinjau dari dimensi Switcher Buyer (pembeli yang berpindah-pindah), dimensi Habitual Buyer (pembeli yang bersifat kebiasaan), dimensi Satisfied Buyer (pembeli yang puas dengan biaya peralihan), dimensi Liking The Brand (menyukai merek), dan dimensi Commited Buyer (pembeli yang komit). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi yang mengkonsumsi Yeh Buleleng dan Aqua berjumlah 641. Sampel berjumlah 246 orang, dan diambil dengan teknik proportionate area random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner, dan dianalisis menggunakan teknik analisis Independent-Sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan tentang loyalitas merek air minum dalam kemasan Yeh Buleleng dan Aqua pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Undiksha ditinjau dari dimensi Switcher Buyer (pembeli yang berpindah-pindah), dimensi Habitual Buyer (pembeli yang bersifat kebiasaan), dimensi Satisfied Buyer (pembeli yang puas dengan biaya peralihan), dimensi Liking The Brand (menyukai merek), dan dimensi Commited Buyer (pembeli yang komit).
Kata Kunci : Loyalitas Merek

This study aims to determine differences in brand loyalty bottled water Yeh Buleleng and Aqua at the Faculty of Economics Undiksha terms of dimension Switcher Buyer (buyer nomadic), dimensions Habitual Buyer (buyer habitual), dimensions Satisfied Buyer (buyer satisfied with the transition costs), dimensions liking the brand (like the brand), and the dimensions Commited buyer (buyer commits). This type of research is a quantitative study using the comparative method. The population in this study were students of the Faculty of Economics who consume Yeh Buleleng and Aqua totaled 641. The sample was 246 people, and was taken to the area proportionate random sampling technique. Data were collected using a questionnaire and analyzed using analysis of the Independent-sample T-test. The results of this study indicate that there are significant differences on brand loyalty bottled water Yeh Buleleng and Aqua at the Faculty of Economics Undiksha terms of dimension Switcher Buyer (buyer nomadic), dimensions Habitual Buyer (buyer habitual), dimensions Satisfied buyer (buyer is satisfied with the costs of switching), dimensions liking the brand (like the brand), and the dimensions Commited buyer (buyer commits).
keyword : Brand Loyalty

Published

2016-11-02

Issue

Section

Articles