ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI ALUMNI JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI DALAM MENGIKUTI PROGRAM SARJANA MENDIDIK DI DAERAH TERDEPAN, TERLUAR, DAN TERTINGGAL (SM-3T)

Authors

  • I Nengah Suharse Rigantara .
  • Drs. I Made Nuridja, M.Pd. .
  • Made Ary Meitriana, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v8i3.8707

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi alumni Jurusan Pendidikan Ekonomi dalam mengikuti program SM-3T dan (2) faktor yang paling dominan mempengaruhi partisipasi alumni Jurusan Pendidikan Ekonomi dalam mengikuti program SM-3T. Jenis penelitian ini merupakan penelitian faktorial. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan analisis faktor melalui Statistical Program Social Scence (SPSS) 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat 6 faktor yang mempengaruhi partisipasi alumni Jurusan Pendidikan Ekonomi dalam mengikuti program SM-3T, yaitu kemauan. kemampuan, kesempatan, status sosial, program kegiatan, dan keadaan alam. Besarnya variance explained masing-masing faktor tersebut secara berturut-turut, yaitu kemauan sebesar 63,915%, kemampuan sebesar 14,756%, kesempatan sebesar 13,588%, status sosial sebesar 4,626%, kegiatan program sebesar 2,509%, dan keadaan alam sebesar 0,605%. (2) Faktor kemauan menjadi faktor yang paling dominan yang memiliki variance explained tertinggi, yaitu sebesar 63,915%, artinya total nilai variance explained dari faktor kemauan mampu menjelaskan partisipasi alumni Jurusan Pendidikan Ekonomi dalam mengikuti program SM-3T.
Kata Kunci : partisipasi, Pendidikan Ekonomi, program SM-3T

This study aimed to (1) know the factors affect economic education of Department alumnus participation in joining SM-3T program and (2) dominant factors affect Economic Education Department alumnus participation in joining SM-3T program. The tipe of this study was factorial study. Data collected used questionnaire, analyzed with factor analysis through Statistical Program Social Scence (SPSS) 16.0 for Windows. Results of this study show that (1) there are 6 factors that affect Economic Education of Department alumnus participation in joining SM-3T program, such as desire, ability, chance, social status, program activities and natural condition. Amount of variance explained of each factors are desire of 63,915%, ability of 14,756%, chance of 13,588%, social status of 4,626%, program activity of 2,509%, %, and natural condition of 0,650%. (2) Desire is the most dominant factor has the highest variance explained, that is 37,099%, which means total of variance explained from desire can explain Economic Education of Department alumnus participation in joining SM-3T program.
keyword : participation, Economic Education, SM-3T program

Published

2016-11-02

Issue

Section

Articles