Efektivitas Iklan dengan Analisis AIDA (Attention. Interest, Desire dan Action) Studi pada pada Pengguna Sepeda Motor Merek Yamaha di Kota Singaraja

Authors

  • Ida Ayu Pradnya Maha Dewi .
  • Made Ary Meitriana, S.Pd. .
  • Drs. Anjuman Zukhri, M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v8i3.8708

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) total nilai iklan sepeda motor merek Yamaha, (2) efektivitas iklan sepeda motor merek Yamaha. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan analisis deskkriptif. Sumber data penelitian ini adalah data primer, data primer adalah hasil jawaban responden yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilaksanakan di Singaraja dengan jumlah responden 130 orang. Hasil penelitian menunjukkan (1) total nilai iklan sepeda motor merek Yamaha berdasarkan dimensi action 2.550, dimensi interest 2.463, dimensi desire 1.648 dan dimensi action 2.496, (2) efektivitas iklan sepeda motor merek Yamaha berkategori istimewa. Hal ini mengindikasikan bahwa iklan sepeda motor Yamaha sudah efektif.
Kata Kunci : Analisis AIDA, Efektivitas Iklan

This research is aimed to (1) total advertising value brand motorcycles Yamaha, (2) advertising effectiveness brand motorcycles Yamaha. The type of this research is descriptive qualitative. The data were collected by questionnaire and then that has been used was descriptive analysis. The source of the data in this study are primary data. The primary data is the result of respondent’s answers were obtained using questionnaires. This research was conducted in Singaraja with th number of respondent 130. The results showed that dimensional action 2.55, dimensional interest 2.463, dimensional desire 1.648 and dimensional action 2.496 (2) advertising effectiveness brand motorcycles Yamaha in special category. This indicates that is effective motorcycles Yamaha.
keyword : AIDA Analysis, Advertising Effectiveness

Published

2016-11-02

Issue

Section

Articles