PENGEMBANGAN MODEL DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIA 2 SMAN

Authors

  • T. Andiny Progtam Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha
  • K. Suma Progtam Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I. G. A. Gunadi Progtam Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v9i2.22106

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa model pembelajaran metakognitif untuk pembelajaran siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Gerokgak yang teruji kelayakan dan keunggulannya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian  pengembangan. Model pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan desain pengembangan AM3PU3. Hasil penelitian menunjukkan temuan-temuan berikut. (1) Proses rancang bangun model pembelajaran metakognitif sesuai dengan desain pengembangan AM3PU3. (2) Ahli isi pembelajaran menyatakan bahwa model pembelajaran metakognitif yang dikembangkan sudah sesuai dengan konsep pembelajaran Joyce dan Weil (1996), berdasarkan teori pembelajaran modern, dan sudah mengacu pada Kurikulum 2013. (3) Ahli desain pembelajaran memberikan tanggapan baik dilihat dari kemenarikan sintaks model pembelajaran metakognitif. (4) Para guru dalam uji coba perorangan memberikan tanggapan sangat baik terhadap model pembelajaran metakognitif yang dikembangkan. (5) Siswa dalam uji coba lapangan memberikan tanggapan baik. (6) Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan prestasi belajar siswa kelas XI MIA 2 antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran metakognitif. (7) Nilai rata-rata posttest siswa mencapai kriteria keberhasilan.
 
Kata kunci: model pembelajaran metakognitif, prestasi belajar

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta Asri, B. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. Aydin, S. 2016. An analysis of the relationship between high school students’ self-efficacy, metacognitive strategy use and their academic motivation for learn biology. Journal of Education and Training Studies. 4 (2), 2-3. Tersedia pada: http://dx.doi.org. Diakses: 29 Maret 2016 Djamarah, S. B. 2005. Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA Djamarah, S. B. 1994. Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional Emigawaty. 2015. Pemanfaatan konsep ontology dalam interaksi sistem collaborative learning. Jurnal Ilmiah DASI. 16(3): 46-52. Tersedia pada ojs.amikom.ac.id. Diakses 18 Desember 2017. Garmabi, H. & Zareian, G. 2016. EFL teachers’ attitudes towards the effectiveness of metacognitive strategies used by high school students. International Journal of Learning & Development ISSN 2164-4063, 6 (1), 2-3. Tersedia pada: http://dx.doi.org/105296/ijld.v6il.9124. Diakses: 15 Maret 2016 Hassan, A. & Ahmed, E. 2015. Impact of metacognitive strategies on academic achievement among special education students in jazan university. International Journal of Education and Research ISSN: 2201-6740. 3 (3). Tersedia pada: http://www.ijern.com. Diakses: 15 September 2016 Kristiani, N. et al. 2015. The contribution of students’ metacognitive skills and scientific attitude towards their academic achievements in biology learning implementing Thinking Empowerment By Questioning (TEQ) Learning Integrated With Inquiry Learning (TEQI).

Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, Vol. 9 No. 2 Tahun 2019 p-ISSN : 2599-2554 (Print), e-ISSN : 2599-2562 (online)

International Journal of Educational Policy Research and Review, 2 (9). Tersedia pada: http://dx.doi.org. Diakses: 15 September 2016. Santyasa, I W. 2015. Pendekatan kuantitatif dalam penelitian MIPA dan pendidikan MIPA. Makalah. Disajikan dalam Seminar Akademik Fakultas MIPA Undiksha 25 Nopember 2015 di Singaraja. Schraw & Moshman. 1995. Metacognitive theories. Nebraska: Educational Psychology and Publication Slavin, R. E. 2011. Psikologi pendidikan: Teori dan praktik edisi kesembilan jilid 1. Terjemahan M. Samosir. Educational psycology: Theory and practice, 9th ed. 2009 Jakarta: PT Indeks. Pratiwi, P. S. V., Suma, K., Gunadi, I. G. A. 2017. Strategi pembelajaran guru fisika: relevansinya dalam pengembangan keterampilan metakognitif dan motivasi belajar siswa SMA Negeri. Singaraja: Jurnal Pendidikan Fisika. 7 (2) Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/. Diakses: 18 Desember 2017 Trianto. 2008. Mendesain pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Downloads

Published

2019-11-27

Issue

Section

Articles