META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Authors

  • annisa rahmi
  • yoli wilanda
  • fatimah zahara
  • Desnita Desnita

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i2.35162

Keywords:

Meta-analysis, Effect size, Problem based learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adaah untuk menentukan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar fisika siswa. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian meta-analisis. Subjek dari penelitian ini adalah 20 artikel yang telah dipublikasi oleh beberapa jurnal di Indonesia tentang penggunaan pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Instrumen penelitian yang digunakan adalah pemberian code (coding). Besar pengaruh model Problem based Learning (PBL) pada pembelajaran fisika memiliki effect size  rendah, tinggi dan sedang.

Author Biographies

annisa rahmi

jurusan fisika universitas negeri padang

yoli wilanda

jurusan fisika universitas negeri padang

fatimah zahara

jurusan fisika universitas negeri padang

Desnita Desnita

jurusan fisika universitas negeri padang

References

Ariani, T., & Suanti, W. 2016. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016 . Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Vol. 3 No.2

Aristawati, Ni Kd, I. Wayan Sadia, and A. A. I. A. R. Sudiatmika.2018. pengaruh model problem based learning terhadap pemahaman konsep belajar fisika siswa sma. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha 8.1 (2018): 31-41.

Bahri, Samsul; Bakri, Fauzi.2018. Implementation of problem-based learning to improve physics learning outcomes of class X IPA-4 in SMA 59. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 4.1: 35-46.

Demirel, M., & Dağyar, M.2016. Effects of Problem-Based Learning on Attitude: A Meta-analysis Study EURASIA. Journal of Mathematics, Science and Technology Education Vol. 12 No. 8

Dewi, putu sri utami, i. Wayan Sadia, and Ketut Suma. 2014.Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika melalui pengendalian bakat numerik siswa SMP.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia

Halim, A., Suriana Suriana, and Mursal Mursal. 2017. Dampak problem based learning terhadap pemahaman konsep ditinjau dari gaya berpikir siswa pada mata pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika 3.1 Hal: 1- 10.

Halmuniati, Halmuniati. 2018. Peningkatan pemahaman konsep fisika siswa smpn 1 kontukowuna melalui model problem based learning (pbl) berbantuan multimedia. Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 11.1 : 73-90.

Hartini, Tri Isti, Acep Kusdiwelirawan, and Intan Fitriana.2014. Pengaruh berpikir kreatif dengan model problem based learning (pbl) terhadap prestasi belajar fisika siswa dengan menggunakan tes open ended. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3.1

Herlinda, Herlinda, Eko Wsistoro, and Eko Risdianto. 2017.

Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis Di SMAN 1 Lebong Sakti. Jurnal Ilmu Dan Pembelajaran Fisika 1.1

Husni, Swasta Sinar. 2016. pengaruh model problem based learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di kelas x sma.

Hikmayanti, I., Saehana, S., & Muslimin, M. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Menggunakan Simulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Lurus Kelas VII MTs Bou. JPFT Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 3(3), 58-61.

Janah, Mely Cholifatul, Antonius Tri Widodo, and Kasmui Kasmui.2018.Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains." Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 12.1 (2018).

Maduwu, Apri Tivani; Hutahaean Juniar. Pebgaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Semester II Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor SMAN 1 STABAT TP 2015/2016. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 2017, 3.1: 1-7

Pratiwi, I. 2019. Efek Program PISA Terhadap Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol.4 No. 1

Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, K., Djidu, H., & Anazifa, R. D., 2018, Pengantar Analisis Meta (Edisi 1), Parama Publishing, Yogyakarta.

Romadhoni, indrawati; mahardika, i. ketut; harijanto, Alex.2017 Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) disertai media CD interaktif terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran fisika SMA di kabupaten Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika 5.4: 329-336.

Samsul Bahri1 dan Fauzi Bakri. 2018. Implementation of Problem-Based Learning to Improve Physics Learning Outcomes of Class X IPA-4 in SMA 59 .Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika Vol. 4 No. 1

Saragih, Lusndico. pengaruh model pembelajaran (problem based learning, dan konvensional) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem di smp swasta silinda serdang bedagai. diss. unimed, 2016.

Tania, Reni, Fuad Abd Rachman, and Sugiarti Sugiarti. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri 1 Tempilang Kabupaten Bangka Barat. Seminar Nasional Pendidikan IPA. Vol. 1. No. 1.

Wahyuni, Eka. 2016.Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Autentik Siswa Pada Materi Suhu dan Kalor di SMA Negeri 16 Medan. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) 4.3

Downloads

Published

2022-04-27

Issue

Section

Articles