PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS FENOMENA BERBANTUAN E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Kadek Dwi Arista Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpf.v12i1.41462

Keywords:

pembelajaran berbasis fenomena, kemampuan berpikir kritis, motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa antara siswa yang belajar dengan pembelajaran berbasis fenomena berbantuan E-Learning dan siswa yang belajar dengan pembelajaran langsung berbantuan E-Learning. Penelitian berupa quasi eksperiment dengan rancangan one way non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Singaraja tahun ajaran 2020/2021. Terdiri dari 9 kelas sebanyak 303 orang. Pemilihan sampel menggunakan random assignment. Terdapat 4 kelas yang dipilih sebagai sampel. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 137 orang yang meliputi 67 orang di kelas eksperimen pertama dan 70 orang di kelas kontrol. Data dianalisis secara deskriptif dan analysis MANCOVA satu jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran berbasis fenomena menunjukan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar lebih baik dibandingkan kelompok siswa dengan pembelajaran langsung.

 

Kata-kata kunci: pembelajaran berbasis fenomena, kemampuan berpikir kritis, motivasi

References

Candiasa.I.M. (2011). Statistik multivariate disertai aplikasi ITEMAN dan BIG STEPS. Singaraja: Universitas Pendidikan Undiksha.

Fitri, S. Della, & S, A. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Persepsi Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(3), 468–476. http://ejournal.unp.ac.id/students/ index.php/pek/article/view/9996. Diunduh pada 18 Januari 2020.

Fitriyani, R., Corebima, A., & Ibrohim, I. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. JPS (Jurnal Pendidikan Sains), 3(4), 186–200. https://doi.org/10.17977/ jps.v3i4.8170. Diunduh pada 3 Januari 2020.

Hasanuddin, Ali, S., & Arsyad, M. (2017). Pengaruh Model Pemberlajaran Berbasis Masalah dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik Kelas X SMA Negeri 18 Makassar. Student at Phisycs Education Post Graduate Program, Makassar State University Lecturer at Phisycs Education Post Graduate, Vol 3. http://eprints.unm.ac.id/12825/1/jurna tesis hasan.pdf. Diunduh pada 3 Januari 2020.

Hill, L., & Cowart, J. (2017). Louisiana Student Standards for Science (LSS):Scope and Sequence Documents. Online e-Book. https://www.louisianabelieves.com /docs/default-source/louisiana-teacher-leaders/science-standards.pdf?sfvrsn= 5. Diunduh pada 15 Juni 2019.

Ikayanti, R., Suratno, S., & Wahyuni, D. (2017). Critical Thinking Skill In Science On Junior High School By Problem Based Learning Models. Pancaran Pendidikan, 6(3), 162–177. https://doi.org/10.25037/pancaran.v6i3.78. Diunduh pada 10 Juni 2019.

Kemendikbud. (2014). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 59 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari, N., & Edi, S. S. (2015). Keefektifan Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Pohon Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(1). https://doi.org/10.15294/upej.v5i1.12706. Diunduh pada 10 Juni 2019.

Pareken, M., Patandean, A. J., & Palloan, P. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Fenomena terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 11(3), 214–221. https://ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/1727.Diunduh pada 3 Agustus 2019.

Sulistianingsih, P. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(1), 129. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1899. Diunduh pada 3 Agustus 2020.

Suprijono, A. (2016). Model-model pembelajaran emanispatoris. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Susilawati, Jamaluddin, & Bacthiar, I. (2018). Critical Thinking Skills At the First Class Students of Smp 2 Mataram in. XII(2), 64–70. https://core.ac.uk/download/pdf/270188495.pdf. Diunduh 3 Januari 2020.

Tomayahu, S. A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Fenomena Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Hasil Belajar Materi Alat Optic [Universitas Negeri Goronalo]. https://repository.ung.ac.id/ skripsi/show/421409011/penerapan-model pembelajaran-berbasis-fenomena-dalam-meningkatkan-pemahaman-konsep-pada-hasil-belajar-materi-alat-alat-optik.html# Diunduh 3 Januari 2020.

Umar, W. (2017). Constructing Means Ends Analysis Instruction to Improve Students’ Critical Thinking Ability and Mathematical Habits of Mind Dispositions. International Journal of Education and Research, 5(2), 261–272. Diunduh pada 15 Desember 2020.

Wakil, K., Hasan, Mahmood, P., & Jalal, T. (2019). Phenomenon-Based Learning for Teaching ICT Subject through other Subjects in Primary Schools. Journal of Computer and Education Research, 7(13), 205–212. https://doi.org/10.18009/jcer.553507. Diunduh pada 15 Desember 2020.

Wijaya, R., Lukman, M., & Yadewani, D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pemanfaatan E-Learning. Dimensi, 9(2), 307–322. https://www.aapanel2.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms/article/download/2543/170. Diunduh pada 15 Desember 2020.

Downloads

Published

2022-05-05

Issue

Section

Articles