VALIDITAS PENGEMBANGAN LKPD IPA BERORIENTASI TRI HITA KARANA PADA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Putu Gede Asnawa Dikta Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

LKPD, IPA, Tri Hita Karana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA berorientasi Tri Hita Karana dan mengukur validitas dari produk yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan tahapan Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengukuran vaiiditas mencakup validitas expert dan dan empirik. Validitas expert dianalisis dengan menggunakan Content Validity Ratio (CVR) dan Product Moment untuk validitas empirik. Validitas diukur dengan menggunakan uji expert sebanyak lima orang yang terdiri dari tiga orang dosen expert dan dua orang guru sebagai praktisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD IPA berorientasi Tri Hita Karana ada pada kategori valid engan nilai CVR 1 dan nilai CVI 1. Validitas empirik dinilai oleh sepuluh orang guru kelas V sekolah Dasar yang merupakan praktisi. Validitas empirik menunjukkan hasil valid melalui analisis korelasi product moment, nilai tiap butir pernyataan rhitung ≥ rtabel (0,632 untuk signifikansi 5%). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD IPA ini valid.

Author Biography

Putu Gede Asnawa Dikta, Universitas Pendidikan Ganesha

Putu Gede Asnawa Dikta

References

Anggreani, Asteria Lindiyana, Choirul Huda, & Eka Sari Setianingsih. 2018. “Pengaruh Strategi Card Sort Berbantu Media Gambar terhadap Prestasi Belajar IPA”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Volume 2, Nomor 4, 2018, hlm. 365-370. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/ article/view/16153

Budiasih, Ni Wayan. 2017. “Implementasi Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar melalui Ajaran Tri Hita Karana”. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 1, Nomor 1, 2017, hlm. 56-64. Tersedia pada https://ejournal.ihdn. ac.id/index.php/AW/article/view/955

Depdiknas. 2008. “Panduan Pengembangan Bahan Ajar”. Jakarta: Departemen Penddikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Filsaime, Dennis K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Lawse, C. H. 1975. “A Quantitative Approach to Content Validity.” Purdue University: Personel Psychologi, Inc, hlm. 563-575. Tersedia pada http://www.bwgriffin.com/gsu/courses /edur9131/content/Lawshecontentvaldity.pdf

Hadi, Syamsul & Novaliyosi. 2019. “TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study)”. Prosiding Seminar Nasional & Call for Papers, Tasikmalaya: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi. Tersedia pada http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/ article/viewFile/1096/754

Hapsari, Emiliana Ety, Muhammad Syarif Sumantri, dan I Made Astra. 2019. “Strategi Guru Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu, Volume 3, Nomor 3, 2019, hlm 851-860. Tersedia pada https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view /171

Jaya, Kadek Arta. 2019. “Membangun Mutu Pendidikan Karakter Siswa melalui Implementasi Ajaran Tri Hita Karana”. Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, Volume 5, Nomor 1, 2019, hlm 57-67. Tersedia pada http://ejournal.ihdn.ac.id/index. php/JPM/article/view/759

Natajaya, I Nyoman & Dantes, Nyoman. 2015. “Perancangan Model Transpormasi Pendidikan Teknohumanistik yang Terintegrasi dengan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Indonesia, Volume 4, No. 1, 2015 hlm 599-611. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id

OECD, 2019. PISA 2018 Results Combined Executive Summaries Volume I, II, & III.

Prastowo, Andi. 2016. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Priantini, Dewa Ayu Made Manu Okta & Darwati, G. A. Mas. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Tri Hita Karana untuk Anak Sekolah Dasar”. Makalah. Disampaikan pada Seminar Nasional INOVALI 2019. Tersedia pada https://eproceeding.undwi.ac.id/index.php/ inobali/article/view/93

Putra, I Wayan Weda Gustana, Desak Putu Parmiti, I Wayan Ignatius Suwatra. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan TriHita Karana terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1, 2016, hlm. 1-9. Tersedia pada https://garuda.ristekbrin.go.id/documents /detail/1384583

Rahayuningsih, Dwi Indah. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, Volume 4, Nomor 2, 2018, hlm. 1-8. Tersedia pada https://journal.unesa.ac.id/index. php/PD/article/view/4067

Sudira, Putu. 2012. “Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Spirit Tri Hita Karana”. Makalah. Naskah Artikel Buku Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Spirit THK. Tersedia pada https://www.researchgate.net/publication/328457124_SMK_kearifan_lokal_Tri_Hita_Karana_THK

Sugiyono. 2009. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta CV.

Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D)”. Bandung: Alfabeta CV.

Taufiq, Agus. 2014. Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Winaya, I Made Astra. 2019. “Pengaruh Pembelajaran Tematik Berbantu Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Konsep Tri Hita Karana terhadap Pemeahaman Konsep IPA Siswa Kelas III SD Dwijendra Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa”. Jurnal Adi Widya: Pendidikan Dasar, Volume 4, Nomor 1, 2019, hlm. 8-17. Tersedia pada https://ejournal.ihdn.ac.id/index. php/AW/article/view/925

Downloads

Published

2022-05-10

Issue

Section

Articles