VALIDITAS PENGEMBANGAN LKPD IPA BERORIENTASI TRI HITA KARANA PADA KELAS V SEKOLAH DASAR
Keywords:
LKPD, IPA, Tri Hita KaranaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA berorientasi Tri Hita Karana dan mengukur validitas dari produk yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan tahapan Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengukuran vaiiditas mencakup validitas expert dan dan empirik. Validitas expert dianalisis dengan menggunakan Content Validity Ratio (CVR) dan Product Moment untuk validitas empirik. Validitas diukur dengan menggunakan uji expert sebanyak lima orang yang terdiri dari tiga orang dosen expert dan dua orang guru sebagai praktisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD IPA berorientasi Tri Hita Karana ada pada kategori valid engan nilai CVR 1 dan nilai CVI 1. Validitas empirik dinilai oleh sepuluh orang guru kelas V sekolah Dasar yang merupakan praktisi. Validitas empirik menunjukkan hasil valid melalui analisis korelasi product moment, nilai tiap butir pernyataan rhitung ≥ rtabel (0,632 untuk signifikansi 5%). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD IPA ini valid.
References
Anggreani, Asteria Lindiyana, Choirul Huda, & Eka Sari Setianingsih. 2018. “Pengaruh Strategi Card Sort Berbantu Media Gambar terhadap Prestasi Belajar IPA”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Volume 2, Nomor 4, 2018, hlm. 365-370. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/ article/view/16153
Budiasih, Ni Wayan. 2017. “Implementasi Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar melalui Ajaran Tri Hita Karana”. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 1, Nomor 1, 2017, hlm. 56-64. Tersedia pada https://ejournal.ihdn. ac.id/index.php/AW/article/view/955
Depdiknas. 2008. “Panduan Pengembangan Bahan Ajar”. Jakarta: Departemen Penddikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Filsaime, Dennis K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Lawse, C. H. 1975. “A Quantitative Approach to Content Validity.” Purdue University: Personel Psychologi, Inc, hlm. 563-575. Tersedia pada http://www.bwgriffin.com/gsu/courses /edur9131/content/Lawshecontentvaldity.pdf
Hadi, Syamsul & Novaliyosi. 2019. “TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study)”. Prosiding Seminar Nasional & Call for Papers, Tasikmalaya: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi. Tersedia pada http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/ article/viewFile/1096/754
Hapsari, Emiliana Ety, Muhammad Syarif Sumantri, dan I Made Astra. 2019. “Strategi Guru Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu, Volume 3, Nomor 3, 2019, hlm 851-860. Tersedia pada https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view /171
Jaya, Kadek Arta. 2019. “Membangun Mutu Pendidikan Karakter Siswa melalui Implementasi Ajaran Tri Hita Karana”. Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, Volume 5, Nomor 1, 2019, hlm 57-67. Tersedia pada http://ejournal.ihdn.ac.id/index. php/JPM/article/view/759
Natajaya, I Nyoman & Dantes, Nyoman. 2015. “Perancangan Model Transpormasi Pendidikan Teknohumanistik yang Terintegrasi dengan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Indonesia, Volume 4, No. 1, 2015 hlm 599-611. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id
OECD, 2019. PISA 2018 Results Combined Executive Summaries Volume I, II, & III.
Prastowo, Andi. 2016. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Priantini, Dewa Ayu Made Manu Okta & Darwati, G. A. Mas. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Tri Hita Karana untuk Anak Sekolah Dasar”. Makalah. Disampaikan pada Seminar Nasional INOVALI 2019. Tersedia pada https://eproceeding.undwi.ac.id/index.php/ inobali/article/view/93
Putra, I Wayan Weda Gustana, Desak Putu Parmiti, I Wayan Ignatius Suwatra. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan TriHita Karana terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1, 2016, hlm. 1-9. Tersedia pada https://garuda.ristekbrin.go.id/documents /detail/1384583
Rahayuningsih, Dwi Indah. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, Volume 4, Nomor 2, 2018, hlm. 1-8. Tersedia pada https://journal.unesa.ac.id/index. php/PD/article/view/4067
Sudira, Putu. 2012. “Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Spirit Tri Hita Karana”. Makalah. Naskah Artikel Buku Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Spirit THK. Tersedia pada https://www.researchgate.net/publication/328457124_SMK_kearifan_lokal_Tri_Hita_Karana_THK
Sugiyono. 2009. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta CV.
Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D)”. Bandung: Alfabeta CV.
Taufiq, Agus. 2014. Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Winaya, I Made Astra. 2019. “Pengaruh Pembelajaran Tematik Berbantu Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Konsep Tri Hita Karana terhadap Pemeahaman Konsep IPA Siswa Kelas III SD Dwijendra Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa”. Jurnal Adi Widya: Pendidikan Dasar, Volume 4, Nomor 1, 2019, hlm. 8-17. Tersedia pada https://ejournal.ihdn.ac.id/index. php/AW/article/view/925
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.