PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN METODE THIAGARAJAN UNTUK PEMAHAMAN GERAK PARABOLA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpf.v12i1.42550Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, metode Thiagarajan, taksonomi Bloom.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan metode 4-D Thiagarajan, yaitu: (1) menemukan langkah-langkah untuk mengembangkan model pembelajaran, (2) mengukur efektivitas model, dan (3) Mengukur respon siswa. Teknik pengumpulan data melalui pretest dan penyediaan postest sebagai hasil pembelajaran setelah penerapan model pembelajaran yang telah dikembangkan, lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran, dan frekuensi Respon. Kelayakan instrumen uji dianalisis menggunakan validitas insrument dan hasilnya adalah 4,07. Disimpulkan bahwa instrumen uji itu valid. Data yang terkait dengan paparan lembar pengamatan yang dikumpulkan melalui pratest dan postest, dianalisis menggunakan rumus Cohens’ d. Hasilnya adalah 1,11 kategori tinggi. Sedangkan validitas cutoner dianalisis menggunakan validitas insrument dan hasilnya adalah 4,0 kategori tinggi. Hasil pengembangan model tersebut adalah silabus, RPP, LKPD, dan alat uji. Dari alat pembelajaran yang didapat ternyata siswa belajar kategori tinggi. Metode Thiagarajan cocok untuk digunakan mengingat pertumbuhan tingkat pengetahuan dari Bloom, awalnya dua menjadi empat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.