ANALISIS KESULITAN DAN DAMPAK PERKULIAHAN ONLINE MAHASISWA TADRIS FISIKA IAIN KENDARI
Keywords:
Pembelajaran Daring, Perkuliahan Online, COVID-19Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kesulitan dan dampak perkuliahan online pada mahasiswa program studi Tadris Fisika Institut Agama Islam Negeri Kendari. Data diperoleh melalui lembar observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam perkuliahan online dengan kategori cukup yaitu 44%. Faktor ketersediaan jaringan internet merupakan kendala yang sangat dominan yaitu 75%. Sementara yang tidak terkendala dengan jaringan internet hanya sekitar 10,3%. Perkuliahan online berdampak pada mahasiswa yaitu dampak positif diantaranya 75% mahasiswa menjadi lebih mandiri dalam pembelajaran dan mahasiswa menjadi lebih mahir menggunakan teknologi terutama teknologi komunikasi jarak jauh. Di sisi lain, dampak negatifnya adalah 86 % mahasiswa tidak fokus dalam proses perkuliahan dan sulit untuk menyamakan persepsi dalam kegiatan diskusi.
References
Afnibar, N, D. F., & Putra, A. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA DALAM KULIAH ONLINE (Studi pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN Imam Bonjol Padang). Al-Irsyad : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 11(2), 187 - 196.
Apriandi, D., & Ika, K. (2011). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Materi Integral Lipat Dua Pada Koordinat Polar Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2).
Carey, K. (2020). Is everybody ready for the big migration to online college? Actually, no. . Diambil kembali dari The New York Times: https://www.nytimes.com
Dalyono, M. (2016). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Fauza, N., Ernidawati, & Syaflita, D. (2020). DIFFICULTY ANALYSIS OF PHYSICS STUDENTS IN LEARNING ONLINE DURING PANDEMIC COVID-19. Jurnal Geliga Sains (JGS): Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 49-55.
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1 - 18.
Hikmat, H., Hermawan, E., Aldim, A., & Irwandi, I. (2020). Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19: Sebuah survey online. Bandung: LP2M UIN Sunan Gunung Jati.
Ibrahim, N. (2005). ICT Untuk Pendidikan Ternbuka Jarak Jauh. Jurnal Teknodik, 5(16).
Klein, P., Ivanjek, L., Dahlkemper, M., Jeličić, K., Geyer, M.-A., Küchemann, S., et al. (2021). Studying physics during the COVID-19 pandemic: Student assessments of learning achievement, perceived effectiveness of online recitations, and online laboratories. PHYSICAL REVIEW PHYSICS EDUCATION RESEARCH, 17(1), 1-11.
Marisda, D. H., & Ma’ruf, M. (2021). Situation analysis of mathematical physics learning with online learning during the COVID-19 pandemic. 1806(1).
Pratiwi, E. W. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN ONLINE DI SEBUAH PERGURUAN TINGGI KRISTEN DI INDONESIA. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 34(1), 1 - 8.
Riley, J. B. (2020). Coronavirus and its impact on higher education. Diambil kembali dari Researchgate: https://www.researchgate.net/post/Corona_Virus_and_its_impact_o
Ristiyani, E., & Bahriah. (2016). Analisis Kesulitas Belajar Kimia Siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1).
Setijadi. (2005). Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh. Jakarta: Universitas Terbuka.
Siregar, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Dilenhkapi Dengan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.
Song, L., Singleton, E. S., Hill, J. R., & Koh, M. H. (2004). Improving online learning: Student perceptions of useful and challenging characteristics. The Internet and Higher Education, 7(1), 59-70.
Wang, C., Horby, P. W., Hayden, F. G., & Gao, G. F. (2020). A novel coronavirus outbreak of global health concern. Lancet, 395(10223), 470-473.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.