Eksistensi Tenaga Kerja Lokal Pada PLTU Celukan Bawang

Rizka Dwiyanti Susilastika, Putu Indra Christiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : mengidentifikasi karakteristik tenaga kerja lokal di PLTU Celukan Bawang, mengidentifikasi faktor pendukung penyerapan tenaga kerja lokal pada PLTU Celukan Bawang,  mengindentifikasi faktor penghambat penyerapan tenaga kerja lokal di PLTU Celukan Bawang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pengumpulan data kuesioner dan wawancara selanjutnya dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) karakteritik tenaga kerja lokal pada PLTU Celukan Bawang bervariasi dilihat dari struktur umur, yang mendominasi adalah kelompok umur 17-25tahun sebesar 31,2% dan terendah umur 56-65 sebesar 13,2%. Tingkat pendidikan yang mendominasi yaitu sma sebesar 42,9%, dilihat dari jenis kelamin, tenaga kerja laki-laki yang mendominasi sebesar 35,3%. (2) Faktor pendukung penyerapan tenaga kerja lokal yang utama berasal dari kualitas tenaga kerja, pengalaman tenaga kerja dan lokasi. (3)Faktor penghambat tenaga kerja lokal yang utama berasal dari keahlian tenaga kerja dan struktur umur. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai kajian literatur pada penelitian selanjutnya, menjadi gambaran tentang daya serap tenaga kerja pada PLTU Celukan Bawang dan diharapkan  pemerintah daerah dapat memperhatikan dalam membuat kebijakan dalam hal penyerapan tenaga keja lokal

Keywords


Local labor; absorption; industry

Full Text:

PDF

References


Agustin, F., & Sukamdi. (2019). Penyerapan Angkatan Kerja Perusahaan Rokok Kretek di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Jurnal Bumi Indonesia, 8(4).

Arrozzi, F., & Sutrisna, K. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lama Mencari kerja Bagi Tenaga kerja Terdidik di Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 7(12).

Badan Pusat Statistik Kabupaten Buleleng. (2018). Kecamatan Gerograk dalam Angka.

Cahyadi, L. D. C. (2018). Penelitian tentang Analisis Faktor yang mempengaruhi penyerapan Tenga Kerja Industri kreatif Di Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi.

Cantika, I. B. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Wanita Sektor Informal Di Jawa Timur. Universitas Brawijaya Malang.

Eko, P. (2018). Banjir Tenaga Kerja Asing Asal Tiongkok.

Ganie, D. (2017). Analisis Pengaruh Upah Tingkat Pendidikan Jumlah Penduduk Dan PDRB Terhadap Penyerapan Tenaga di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Eksekutif, 14.

Ilhami, A. (2014). Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Di Indonesia Menghadapi MEA 2015. Institut Petanian Bogor.

Indayati, Indartini, M., & Djumhariyati, R. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil Genteng (Studi Kasus Di Desa Baderan Kec.Geneng Kab. Ngawi). Sosial, 11(2), 3.

Kurniawan, M. A. (2018). Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Di Industri Kecil (Studi Kasus di Kelompok Usaha Bersama Konveksi Kabupaten Tulungagung). Univesitas Brawijaya.

Muhajir, A. (2018). PLTU Celukan Bawang Meracuni Bali.

Mulyadi, A., Hardiani, & Umiyata, E. (2018). Penelitian tentang Faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja pada sektor industri kecil di Kabupaten Muaro Jambi. Perdagangan Industri Dan Monoter, 6, 1.

Nawawi, H. H. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif.

Putri, K. E., Adam, F. P., & Wenno, N. F. (2017). Karakteristik Tenaga Kerja Idustri Kecil Tahu-Tempe Di UD SR Kelurahan Rijali Kecamatan Sirimau Kota Ambo n. Agribisnis, 5(1), 3.

Sasongko, P., & Triwijayanti, D. (2014). Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Perhotelan Dan Restoran di Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Jurnal Bisnis Manajemen, 6(2).

Sifak, M. (2016). Dampak Proyek Pembangnan PLTU Tanjung Jati-B Terhadap Peluangan Kerja ( Studi kasus di Desa Tubanan Kembang Jepara). Universitas Negeri Semarang.

Sugiharso, S., & Nazara, S. (2004). Fenomena Pekerja ”Overeducation” di Pasar Kerja di Indonesia. Ilmu Ekonomi, 4(2), 1–2.

Susiati. (2013). Penelitian tentang penyerapan tenaga kerja bagi masyarakat Desa Perangat Selatan Pada PT.Kutai Sawit Plantation Kecamatan Marang Kayu. Jurnal Pemerintahan, 1, 4.

Takyuddin, M. (2016). Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Pada Usaha Percetakan Foto Copy Di Kota Kendari. Jurnal Ekonomi, 1(1), 80–89.

Wicaksono, L. (2015). Warga Lokal di Dianggap Belum Layak Bekerja di PLTU Celukan Bawang.

Yani, A. (2014). Analisis Lama Mencari Kerja bagi Tamatan Universitas Riau. Jurnal Ekonomi, 1(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpg.v9i1.30273

Article Metrics

Abstract view : 266 times
PDF file view : 337 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref  



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.