Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share berbantuan Media Poster untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA

Main Article Content

Suci Nurhijjah
Nailul Insani
Alfi Sahrina
Yuswanti Ariani Wirahayu

Abstract

Penelitian ini menerapkan model pembelajaran think pair share berbantuan media poster dengan tujuan untuk menganalisis peningkatan keaktifan belajar geografi pada siswa kelas XI, dan menganalisis peningkatkan hasil belajar geografi pada siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitaif. Instrument penelitian ini terdiri dari observasi, tes dan cacatan lapangan. Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar pada siklus I diperoleh dari nilai rata-rata sebesar 18,50 menjadi 21,00 pada siklus II atau meningkat sebesar 2,5 atau 20,00%. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 67,58 pada siklus II sebesar 78,33 meningkat sebesar 10,75 atau 77,33%. Keaktifan siswa meningkat pada tahapan share dengan memunculkan aktivitas bertanya, menjawab, dan berdiskusi sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar yang optimal. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan karena terjadi perbaikan proses belajar pada tiap siklus.

Article Details

Section
Articles

References

Aksa, F. I., Utaya, S., & Bachri, S. (2019). Geografi dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Majalah Geografi Indonesia, 33(1), 43–47. https://doi.org/10.22146/mgi.35682

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Chepy, I. (2016). Kontribusi Motivasi Belajar dan Kreativitas Peserta Didik terhadap Kemampuan Berpikir Geografis. Jurnal Geografi Gea, 13(1), 49–56. https://doi.org/10.17509/gea.v13i1.3308

Fayanto, S., Musria, M., Erniwati, E., Sukariasih, L., & Hunaidah, H. (2019). Implementation of Quantum Teaching Model on Improving Physics Learning Outcomes in The Cognitive Domain at Junior High School. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2), 131–138. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.1958

Febriana, M., Asy’ari, H. Al, Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(2), 6–12. https://doi.org/10.2572/jpfk.v4i2.1879

Hendra, & Rijal, A. S. (2022). Penggunaan Media Photography Essay di MAN 1 Kota Gorontalo. LAMAHU: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(1), 24–29. https://doi.org/10.34312/lamahu.v1i1.13597

Lestari, D. A. (2015). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa. Jurnal Widyagogik, 3(1), 66–79.

Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(1), 60–78. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i1.361

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825

Mediatati, N., & Ismanto, B. (2015). Peningkatan Kompetensi Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas melalui Model Pelatihan Partisipatif dengan Pendampingan Intensif Bagi Guru Guru di SMP Negeri 2 Ampel Kabupaten Boyolali. Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis 2015, 1(1), 1–8. https://www.neliti.com/publications/172895/

Misniar, E., Listiani, E., & Hidayat, A. (2021). Penggunaan Teknik Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia, 1(2), 32–37. https://doi.org/10.53494/jpvr.v1i2.97

Miyati, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI B Negeri 13 Banjarmasin. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(1), 1–9. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3343

Mutia, T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (T[S) terhadap Hasil Belajar Geografi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 4(2), 210–219. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i2.2869

Mutia, T., Agustina, S., Suroso, & Akhmad, R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Geografi. GEODIKA Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 4(2), 210–219. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i2.2869

Ningsih, A. (2018). Pengaruh Keaktifan Siswa terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X di SMAN 2 Gunung Sahilan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6(2), 157–163. https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/2746

Nurpauzi, I. A., Wikanengsih, & Rostikawati, Y. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Pada Siswa MA Kelas X dengan Menggunakan Metode Think Pair Share Berbantuan Media Poster. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia (PAROLE), 3(4), 541–548. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/5182

Pamela, I. S., Chan, F., Yantoro, Fauzia, V., Susanti, E. P., Frimals, A., & Rahmat, Ok. (2019). Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23–30. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p23-30

Pasongli, H., Fokaaya, S., Purwati, E., & Marthinu, E. (2023). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share ( TPS ) dalam Meningkatkan Partisipasi Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 5 Kota Ternate. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 2, 1176–1182. https://journal.ummat.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15031

Patampang, S. S., & Pabisa, N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Pembelajaran Geografi Kelas XI di SMA Negeri 5 Model Palu. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(1), 42–65. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jurpis/article/view/499

Pranyoto, Y. H. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa melalui Pembiasaan Refleksi. JUMPA (Jurnal Masalah Pastoral), 4(1), 15–28.

Prastika Damayanti, A., Yuliejantiningsih, Y., & Maulia, D. (2021). Interaksi Sosial Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 163–167. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index

Purwati, R. P. (2020). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Pendekatan Discovery Learning Menggunakan Google Classroom. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(1), 202–212. https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45725

Rachmat, A. (2021). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Mata Pelajaran PPKN untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 4 Gowa. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 93–104.

Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Savi untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102–111. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i2.20489

Rahmah, S. N., Kafrawi, M., & Mahsul, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa. JIFP (Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya), 3(2), 58–62. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jifp.v3i2.3845

Rahmawati, Rahmah, S. F., Mahda, D. R., Purwati, T., Utomo, B. S., & Nasution, A. M. (2020). Edukasi Protokol Kesehatan dalam Menjalankan New Normal di Masa Andemik melalui Media Poster. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), 1–5. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Rusman, R., Maftukhin, A., & Nurhidayati, N. (2013). Pemanfaatan Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 22 Purworejo. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan IPA, 1(1), 87–90.

Sada, M., & Solo, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Muhammadiyah Maumere. Jurnal BIOS, 4(1), 11–17.

Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333–9339.

Sahrina, A., & Deffinika, I. (2021). Potensi Laboratorium Alam Sumbermanjing Wetan dalam Pembelajaran Geografi Berbasis Kerja Lapangan (Fieldwork). Jurnal Pendidikan Geografi, 26(2), 61–72. https://doi.org/10.17977/um017v26i22021p061

Salmiah, M., Rusman, ِa. A., & Abidin, Z. (2021). Konsep Dasar Pengelolaan Kelas dalam Tinjauan Psikologi Manajemen. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 13(1), 41–60. https://doi.org/10.47766/itqan.v13i1.185

Setiyaningsih, S., & Busyairi, A. (2020). Analisis Keterampilan Guru Mengadakan Variasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar Matematika. Joyful Learning Journal, 9(3), 144–149. https://doi.org/10.15294/jlj.v9i3.39940

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Rosdikarya.

Suti, N. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tema Hidup Rukun pada Siswa Kelas II. Journal of Education Action Research, 2(3), 206. https://doi.org/10.23887/jear.v2i3.16257

Syaparuddin, S., Medianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKN Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326

Utami, D. S., & Appulembang, O. D. (2022). Pembentukan Kelompok Belajar untuk Siswa pada Pembelajaran Daring. Sukma: Jurnal Pendidikan, 6(1), 35–60. https://doi.org/10.32533/06103.2022

Widarto, M. N., Soelistijo, D., & Insani, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Geografi pada Materi Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(12), 1214–1223. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3235192

Wirahayu, Y. A., Purwito, H., & Juarti, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dan Ketrampilan Berpikir Divergen Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(1), 30–40. https://doi.org/10.17977/um17v23i12018p030

Zivkovic, S. (2014). The Importance of Oral Presentations for University Students. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(19), 468–475. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n19p468