Pengaruh Model Pembelaran berbasis Masalah Metode Pembelajaran di Luar Ruangan terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan metode pembelajaran di luar ruangan terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran geografi materi langkah-langkah Penelitian geografi di kelas X IPS SMA Labschool Cibubur. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan bentuk non-equivalent control group design. Kelas X IPS 1 berperan sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 2 berperan sebagai kelas eksperimen. Penelitian di kedua kelas dilakukan dengan melibatkan guru geografi sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan pre-test dan post-test serta observasi selama masa penelitian. Teknik analisis data melibatkan metode statistik deskriptif dan inferensial menggunakan Uji-T dan Uji N-Gain. Hasil Uji-T menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari perbedaan tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model problem based learning berbasis outdoor study memiliki pengaruh terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada materi Langkah-langkah Penelitian Geografi. Lebih lanjut, analisis Uji N-Gain menunjukkan bahwa pengaruh dari model pembelajaran ini berada pada kategori sedang.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum). Nur El-Islam, 1(2), 48–58.
Arsyad, A. (1997). Media Pembelajaran, Cet. I (1 ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ball, C. T., & Pelco, L. E. (2006). Teaching research methods to undergraduate psychology students using an active cooperative learning approach. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17(2), 147–154.
Dale, E. (1946). The Cone of Experience. Audio-visual methods in teaching, 1, 37–51.
Duta, S. (2020, Mei 18). Teaching of Geography through Dale’s Cone of Experience. Diambil 23 Januari 2023, dari Adamas University website: https://adamasuniversity.ac.in/teaching-of-geography-through-dales-cone-of-experience/
Freire, P. (2000). Pendidikan kaum tertindas. LP3ES.
Guntara, Y. (2021). Normalized Gain Ukuran Keefektifan Treatment. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 1–3.
Hardani, H., Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., … Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (1 ed.; H. Abadi, Ed.). Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/340021548_Buku_Metode_Penelitian_Kualitatif_Kuantitatif
Maryani, E. (2005). Pendidikan Geografi (Ilmu dan Aplikasi Pendidikan). Bandung: UPI Press.
Masang, A. (2021). Hakikat pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1(1). Diambil dari https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/5492
Munandar, A. (2018). Pengantar Kurikulum. Deepublish.
Munzadi, M. (2018). Pengaruh blended learning berbasis rotation model terhadap motivasi dan hasil belajar geografi siswa MA Matholiul Anwar Lamongan. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 6(3). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPG/article/download/20699/12694
Nurhuda. (2022). Landasan Pendidikan. Ahlimedia Book.
Pannen, P., Mustafa, D., & Sekarwinahyu, M. (2001). Konstruktivisme dalam pembelajaran. Jakarta: PPAI Universitas Terbuka. Diambil dari http://opac.library.um.ac.id/index.php?s_data=bp_buku&s_field=0&id=24436&mod=b&cat=3
Pemerintah Pusat Republik Indonesia. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. , Pub. L. No. 20 Tahun 2003, 40301 TLN (2003).
Pemerintah Pusat Republik Indonesia. PP No. 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. , Pub. L. No. 57 Tahun 2021, 6676 TLN (2021).
Pidarta, M. (2009). Educational Foundations, Stimulus of Indonesian Patterned Education. Jakarta: Rineka Cipta, 32–33.
Ramdani, Y., Syam, N. K., Karyana, Y., & Herawati, D. (2022, Maret 31). Problem-based learning in research method courses: Development, application and evaluation. F1000Research. https://doi.org/10.12688/f1000research.75985.1
Rasmilah, I. (2013). Pembelajaran Outdoor Study Untuk Membetuk Kepedulian Lingkungan. Jurnal Geografi Gea, 13(1). https://doi.org/10.17509/gea.v13i1.3312
Rosenberg, M. J., & Foshay, R. (2002). E-learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age. Performance Improvement, 41(5), 50–51. https://doi.org/10.1002/pfi.4140410512
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia. (Bogor). Diambil dari http://opac.iainkediri.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=20727
Rusnanto. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.
Sejati, A. E., Sumarmi, S., & Ruja, I. N. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 80–86. https://doi.org/10.17977/jp.v1i2.5804
Soedijarto, S., Thamrin, T., Karyadi, B., Siskandar, S., & Sumiyati, S. (2018). Sejarah pusat kurikulum. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diambil dari https://repositori.kemdikbud.go.id/16598/
Sudibyo, L. (2011). Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. WIDYATAMA, (Vol 20, No 2 (2011)). Diambil dari http://ejurnal.veteranbantara.ac.id/index.php/widyatama/article/view/113
Syah, M. (2019). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru (23 ed.; A. S. Wardan, Ed.). Bandung: Remaja Rosda Karya. Diambil dari https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=669697
Toffler, A. (1984). Future shock. Bantam.
Triani, W., Zulkarnain, Z., & Utami, R. K. S. (2015). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar geografi. Jurnal Penelitian Geografi (JPG), 3(6). Diambil dari http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2588127&val=24357&title=PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20PROJECT%20BASED%20LEARNING%20TERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20GEOGRAFI
University College London. (2020, Agustus 25). Moving research methods teaching online. Diambil 23 Januari 2023, dari Teaching & Learning website: https://www.ucl.ac.uk/teaching-learning/case-studies/2020/aug/moving-research-methods-teaching-online
Widiasworo, E. (2017). Strategi & Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning): Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif (1 ed.; Nurhid, Ed.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Diambil dari https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1138120