Pengaruh Tingkat Literasi Kebencanaan Siswa SMA Muhammadiyah 1 Sragen terhadap Pengetahuan Kebencanaan di Kabupaten Sragen

Main Article Content

Devi Nurhalimah
Aqila Ummu Zarka
Puspita Indra Wardhani

Abstract

Indeks risiko bencana di Kabupaten Sragen memiliki kelas ancaman sedang yang dapat meningkatkan potensi bencana. Hal ini diperlukan adanya pengetahuan terkait kebencanaan yang dapat diperoleh melalui kegiatan literasi kebencanaan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat literasi kebencanaan siswa SMA Muhammadiyah 1 Sragen terhadap pengetahuan kebencanaan di Kabupaten Sragen. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain korelasi yang didapatkan dengan menggunakan kuesioner yang dirancang khusus untuk pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat literasi kebencanaan siswa SMA Muhammadiyah 1 Sragen terkategori tinggi dengan skor rata-rata 62%. Kedua, tingkat pengetahuan kebencanaan siswa terkategori sedang, dengan skor rata-rata 70%. Uji statistik menunjukkan terdapat hubungan yang kuat antara literasi kebencanaan dengan pengetahuan kebencanaan siswa dengan nilai signifikan 0,579. Berdasarkan analisis data kesimpulannya adalah literasi kebencanaan mempunyai bagian dalam meningkatkan pengetahuan terkait kebencanaan untuk mengurangi risiko bencana.

Article Details

Section
Articles

References

Adi, A. W., Bagaskoro, Y., & Putra, A. (2024). Irbi 2023. 2, 1–370.

Afrian, R., & Islami, Z. R. (2019). Peningkatan potensi mitigasi bencana dengan penguatan kemampuan literasi kebencanaan pada masyarakat Kota Langsa. Jurnal Pendidikan Geografi, 24(2), 132–144.

Alam, S. R., Nyomba, S., & Leo, N. Z. (2020). Studi tingkat pengetahuan kebencanaan terhadap sikap kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana tanah longsor di Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa tahun 2019. Jurnal Evironmental Science, 2(2), 163–169.

Aristianti, N. P. A., & Christiawan, P. I. (2019). Analisis Kapasitas Adaptasi Masyarakat Terhadap Bencana Erupsi Gunung Agung di Kecamatan Bebandem. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 7(2).

Asfirmanto, S., Osmar, Shabrina, Fathia Z., Rizqi, Ahmad, Putra, Anggara S., Karimah, Rafa, Eveline, Franta, Alfian, Afif, Syauqi, Septian, Rizky Tri, Widiastono, Yudhi, Bagaskoro, Yusuf, Dewi, Afifa Nomita, Rahmawati, Irene, Seniarwan, Suryaningrum, Hannura Ayu, Purnamasiwi, Dian Ika, & Puspasari, Trevi Jayanti. (2023). IRBI (Indeks Risiko Bencana Indonesia). 01, 1–338.

Cahyo, F. D., Ihsan, F., Roulita, R., Wijayanti, N., & Mirwanti, R. (2023). Kesiapsiagaan bencana gempa bumi dalam keperawatan: Tinjauan penelitian. JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang), 18(1), 87–94.

Camelia, F. (2020). Analisis landasan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengembangan kurikulum. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1).

Desnita, D, Fadilah, N., & Budi, E. (2016). Pengembangan Buku Pengayaan Kajian Fisis Peristiwa Angin Puting Beliung untuk Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 97–104.

Emami, S. B. (2015). Pengaruh penyuluhan kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi terhadap pengetahuan siswa di SD Muhammadiyah Trisigan Murtigading Sanden Bantul. STIKES’Aisyiyah Yogyakarta.

Erlangga, R., Putri, F. P., Wardana, B. A., Noviana, R., Kiyato, P. L., & Al Fathin, H. (2022). Upaya Peningkatan Minat Baca Anak Usia Dini di Kelompok Belajar Jasmin Assalam Desa Gilirejo, Kabupaten Sragen melalui Metode SAS (Stuctural, Analythic, Syntatic) Media Bergambar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4).

Hadiyati, S., & Hafida, N. (2018). Urgency Pendidikan Kebencanaan Bagi Siswa Sebagai Upaya Mewujudkan Generasi Tangguh Bencana. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(2), 1–10.

Hamid, N., Setyowati, D. L., Juhadi, J., Priyanto, A. S., Wijayanti, N. R., & Aroyandini, E. N. (2021). Peran Pendidikan Formal, Keluarga, dan Masyarakat dalam Pendidikan Bencana. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 4(1), 403–409.

Hanifah, L., Susilowati, S. A., Sasmita, D. A., Demawan, A., Zain, F., & Fitrianto, H. F. (2017). Tingkat Pengetahuan, Mobilisasi Sumberdaya dan Kesiapsiagaan Keluarga terhadap Bencana Gempa Bumi di Desa Tangkil, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen.

Ikhsan, H. M., & Setiawan, S. T. (2021). Upaya Mitigasi Kebencanaan Di Kabupaten Sragen, Indonesia Dengan Menggunakan Pendekatan Quantitative Risk Assessment Dan House Of Risk Fase 2. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Khotimah, .K, & Sa’dijah, C. (2018). Pelaksanaan gerakan literasi sekolah. State University of Malang.

Lusmianingtyas, I., & Suwarno. (2022). Peran Sekolah dalam Pendidikan Migitasi Bencana. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 6, 81–84.

Manek, A. H. (2023). Literasi Bencana Dalam Pembelajaran Geografi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Samudra Geografi, 6(2), 139–144.

Mariani, S. B., & Wardhani, P. I. (2021). Systematic Literature Review: Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi.

Mutianingsih & Mustikasari. (2019). Dampak Psikologis Gempa Bumi terhadap Kelompok Rentan: Lansia. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 15(1), 18–23.

Nurhayati, S., & Winata, A. (2018). Pembelajaran dengan Media Pohon Literasi untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik Kelas I SDN Sidorejo I Tuban pada Tema Peristiwa Alam dan Subtema Bencana Alam. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 15–30.

Permatasari, A. (2015). Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 148. Universitas Bengkulu Bengkulu.

Prananingrum, E. N., Setiawan, C., Afdan, N. T., Billa, S., & Wardana, M. W. (2023). Preparedness School Citizens of State Elementary School in Facing Flood through Digital Literation.

Rakuasa, H., & Latue, P. C. (2023). Analisis Spasial Daerah Rawan Banjir Di Das Wae Heru, Kota Ambon. Jurnal Tanah Dan Sumberdaya Lahan, 10(1), 75–82.

Sudaryanto. (2021). Pengurangan Resiko Bencana Alam Melalui Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Badan Penangulangan Bencana Daerah di Jawa Tengah. Journal of Public Policy and Applied Administration.

Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: apa, mengapa, dan bagaimana. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 3–13.

Sumana, I. N., Christiawan, P. I., & Budiarta, I. G. (2020). Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Bencana Tanah Longsor Di Desa Sukawana. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 8(1), 43–54.

Tian, N. S. (2022). Studi Fenomenologi: Kesiapan Kelompok Siaga Bencana (KSB) Dalam Melaksanakan Peran Terkait Mitigasi Bencana Di Wilayah Rw 12 Kelurahan Pasie Nan Tigo Tahun 2022. Universitas Andalas.