Pengembangan Media Pembelajaran Geografi menggunakan Poster Infografis berbasis Aplikasi Canva pada Materi Konsep Dasar Geografi Siswa SMA
Main Article Content
Abstract
Media pembelajaran poster infografis belum diterapkan sepenuhnya dalam proses pembelajaran dikarenakan kemampuan guru dalam membuat poster infografis belum merata sehingga proses pembelajaran terkesan monoton dan siswa cenderung mudah bosan dan malas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji validitas dan mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran geografi menggunakan poster infografis berbasis aplikasi canva pada materi konsep dasar geografi siswa SMA. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model ADDIE, menghasilkan produk poster infografis dengan materi konsep dasar geografi. Media poster infografis valid digunakan sebagai media pembelajaran geografi berdasarkan hasil validasi ahli media mendapatkan nilai 4,41 dengan kriteria sangat valid, ahli materi mendapatkan nilai 4,41 dengan kriteria sangat valid, praktisi pembelajaran mendapatkan nilai 4,77 dengan kriteria sangat valid, dan hasil angket respon siswa mendapatkan nilai 4,51 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan angket respon siswa dapat disimpulkan media pembelajaran poster infografis valid digunakan sebagai media pembelajaran geografi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agil, M., Adawiyah, R., Nurhikmah, N., Suhartini, S., Salmitha, L., Hidayah, M. U., ... & Rahmi, I. 2022. Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal. 1, 1–5.
Aksa, F. I. 2019. Geografi dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Majalah Geografi Indonesia, 33(1), 43.
Aliman, M., Budijanto, Sumarmi, Astina, I. K., Putri, R. E., & Arif, M. 2019. The effect of earthcomm learning model and spatial thinking ability on geography learning outcomes. Journal of Baltic Science Education, 18(3), 323–334.
Apriyanto, B., Nurdin, E. A., Ikhsan, F. A., & Kurniawan, F. A. 2017. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Memahami Lingkungan Hidup Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 2 Sukodono. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 7.
Astutik, S., Lesmono, A. D., & Adani, D. A. L. (2019). Pengaruh model collaborative creativity (Cc) terhadap
kemampuan literasi sains dan hasil belajar fisika siswa di SMA. Saintifika, 21(1), 9–22.
Astutik, S., Nuriyanto, M. Z., & Nurdin, E. A. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Sistem Informasi Geografi Dasar Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 5(2), 144.
Astutik, S., Utami, A. F., & Maryani. 2018. LKS berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi termodinamika. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018, 3(2), 71–7.
Azizah, I., & Susanti, R. 2023. Media Pembelajaran Berbasis Canva Dengan Desain Infografis Dalam Mata Pelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas. 9(2), 458–464.
Cahyadi, R. A. H. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42.
Damasita, V. R. N., & Hidayat, E. N. 2023. Pengaruh Media Sosial Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sophie Martin Di Kota Klaten. Majemen Sosial Ekonomi, 3(1), 69–80. https://www.manadotoday.co.id/minahasa/pengaruh-media-sosial-terhadap-perilaku-dan-gaya-hidup/
Darung, A., Setyasih, I., & Ningrum, M. V. R. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Poster Infografis ( Materi Dinamika Atmosfer ) Development of Geography Learning Media Using Infographic Posters ( Atmospheric Dynamics Material ). Jurnal Geoedusains, 1(1), 27–41.
Ervan, K., Qosim, A., & Wijaya, J. E. 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMA Negeri 1 Bumi Agung Way Kanan. Jurnal Lentera Pedagogi, 5(1), 26–31.
Etikan, I., & Bala, K. (2017). Sampling and sampling methods. Biometrics & Biostatistics International Journal. Biometrics & Biostatistics International Journal, 5(6), 215–217.
Hidayat, F., & Muhamad, N. 2021. Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38.
Islamiyah, S. D., & Puapasari, D. 2021. Pengembangan Aplikasi Android OMV Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Penggunaan Teknologi Perkantoran Kelas X OTKP 3 di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 389–400.
Jannah, M., & Julianto, J. 2018. Pengembangan Media Video Animasi Digestive System Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 124–134.
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. 2020. Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981
Khairiyah, U. 2018. Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV di SD/MI Lamongan. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2), 197–204.
Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. 2019. Model Addie untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D Pageflip. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) (Vol. 1, No. 1, pp. 516-525).
Pratiwi, S. Z., Umar, R., & Saputro, A. 2021. Improving Student Learning Outcomes in Geography Learning Through the Discovery Learning Model. 19.
Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. 2019. Pengembangan e-modul berbantuan kvisoft flipbook maker berbasis pendekatan saintifik pada materi menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah kata kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(3), 60-65.
Prihatmojo, A., Mulia Agustin, I., Ernawati, D., & Indriyani, D. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Di Abad 21. Prosiding Semnasfip, 180–186.
R, F. S., Soelistijo, D., & Wagistina, S. 2021. Pengembangan media pembelajaran berbasis Geo-Search pada materi Geografi pokok bahasan sebaran dan pemanfaatan sumber daya alam. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 628–638
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. 2021. Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343.
Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie Pada Anak Usia Dini. Instruksional, 1(2), 122.
Salsabilla, T. D., Yuliati, Y., & Cahyaningsih, U. 2021. Studi Literatur : Penggunaan Media Visual Infografis. 276–282.
Sari, L. S., & Fatonah, S. 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1699–1703.
Sari, M., Rachman, H., Juli Astuti, N., Win Afgani, M., & Abdullah Siroj, R. 2023. Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 10–16..
Tafonao, T. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. 2019. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79.
Uba, I. L., Pamungkas, B. T. T., & Sukmawati, S. 2022. Inovasi Media Pembelajaran Digital Dengan Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X Di Sman 5 Kupang. Jurnal Geografi, 18(2), 153–170.
Wiyono, H., Firmansyah, H., Ramadhan, I., Adlika, N. M., Purnama, S., Budiman, J., & Febrianti, U. R. 2023. Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Bagi Guru Mgmp Ips Kabupaten Mempawah. Abdimas Galuh, 5(1), 183–191.