PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT ) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X.3 SMA NEGERI 1 TEGALLALANG PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
geografi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Team Game
Tournament siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Tegallalang. Penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus.subjek dari
penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Tegallalang dengan jumlah 41
orang siswa .Data tentang aktivitas dan hasil belajar siswa dikumpulkan dengan
menggunakan metode observasi dan metode tes.semua data dianalisis
menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pada aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan
dari siklus I 70,10% yang berada pada kriteria cukup aktif menjadi 81,67% pada
siklus II yang berada pada kriteria aktif. Sedangkan pada hasil belajar pada siklus
I 73,04% yang berada pada kriteria sedang menjadi 80,00% pada siklus II berada
pada kriteria tinggi dan ketuntasan klasikal 78,04% .dari analisis data penelitian
dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team
Game Tournament dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa
kelas X3 SMA Negeri 1 Tegallalang.
geografi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Team Game
Tournament siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Tegallalang. Penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus.subjek dari
penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Tegallalang dengan jumlah 41
orang siswa .Data tentang aktivitas dan hasil belajar siswa dikumpulkan dengan
menggunakan metode observasi dan metode tes.semua data dianalisis
menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pada aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan
dari siklus I 70,10% yang berada pada kriteria cukup aktif menjadi 81,67% pada
siklus II yang berada pada kriteria aktif. Sedangkan pada hasil belajar pada siklus
I 73,04% yang berada pada kriteria sedang menjadi 80,00% pada siklus II berada
pada kriteria tinggi dan ketuntasan klasikal 78,04% .dari analisis data penelitian
dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team
Game Tournament dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa
kelas X3 SMA Negeri 1 Tegallalang.
Rincian Artikel
Bagian
Articles