Kajian Geografi Ekonomi Tentang Distribusi Pemasaran Hasil Pertanian Sayuran Pada Pasar Induk Sayur-Mayur Baturiti di Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilakukan pada Pasar Induk Sayur-Mayur Baturiti di Kecamatan Baturiti
Kabupaten Tabanan dengan tujuan: (1) mendeskripsikan variasi jenis peranan pelaku distribusi
pemasaran hasil Pertanian sayuran (2) menggambarkan variasi proses transaksi dalam distribusi
pemasaran hasil pertanian sayuran (3) memetakan pola distribusi pemasaran hasil pertanian
sayuran. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif dengan sampel sejumlah 43
pelaku distribusi pemasaran hasil pertanian di Pasar Induk Sayur-Mayur Baturiti yang diambil
secara Aksidental Sampling. Data diperoleh melalui metode observasi, pencatatan dokumen dan
wawancara yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan pendekatan
keruangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi jenis peranan pelaku kegiatan distribusi
pemasaran hasil pertanian sayuran di Pasar Induk Sayur-Mayur Baturiti meliputi agen (berperan
menjual sayuran yang dititipkan oleh petani) pengepul (berperan membeli sayuran dari agen dan
menjualnya kepada pedagang besar) pedagang besar (berperan mejual sayuran kepada
pengecer). Variasi proses transaksi dalam distribusi pemasaran hasil pertanian sayuran pada
Pasar Induk Sayur-Mayur Baturiti ada tiga yaitu: promosi, penentuan jenis dan jumlah, dan
penentuan harga sayuran yang didistribusikan. Pola distribusi pemasaran hasil pertanian sayuran
di Pasar Induk Sayur-Mayur Baturiti dilihat dari daerah asal sayuran hanya berasal dari desa
yang ada di Kecamatan baturiti dan dilihat dari tujuan daerah pemasarannya, dipasarkan di luar
Kecamatan Baturiti yaitu di daerah kabupaten yang ada di Bali.
Kabupaten Tabanan dengan tujuan: (1) mendeskripsikan variasi jenis peranan pelaku distribusi
pemasaran hasil Pertanian sayuran (2) menggambarkan variasi proses transaksi dalam distribusi
pemasaran hasil pertanian sayuran (3) memetakan pola distribusi pemasaran hasil pertanian
sayuran. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif dengan sampel sejumlah 43
pelaku distribusi pemasaran hasil pertanian di Pasar Induk Sayur-Mayur Baturiti yang diambil
secara Aksidental Sampling. Data diperoleh melalui metode observasi, pencatatan dokumen dan
wawancara yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan pendekatan
keruangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi jenis peranan pelaku kegiatan distribusi
pemasaran hasil pertanian sayuran di Pasar Induk Sayur-Mayur Baturiti meliputi agen (berperan
menjual sayuran yang dititipkan oleh petani) pengepul (berperan membeli sayuran dari agen dan
menjualnya kepada pedagang besar) pedagang besar (berperan mejual sayuran kepada
pengecer). Variasi proses transaksi dalam distribusi pemasaran hasil pertanian sayuran pada
Pasar Induk Sayur-Mayur Baturiti ada tiga yaitu: promosi, penentuan jenis dan jumlah, dan
penentuan harga sayuran yang didistribusikan. Pola distribusi pemasaran hasil pertanian sayuran
di Pasar Induk Sayur-Mayur Baturiti dilihat dari daerah asal sayuran hanya berasal dari desa
yang ada di Kecamatan baturiti dan dilihat dari tujuan daerah pemasarannya, dipasarkan di luar
Kecamatan Baturiti yaitu di daerah kabupaten yang ada di Bali.
Rincian Artikel
Bagian
Articles