STUDI TENTANG KOMPONEN PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA/MA ANTARA WILAYAH PERKOTAAN DAN PERDESAAN DI KABUPATEN BULELENG SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan pada SMA/MA di Kabupaten Buleleng
dengan tujuan: (1) mengidentifikasi sebaran komponen pembelajaran
geografi SMA/MA di wilayah perkotaan dan perdesaan Kabupaten
Buleleng, (2) mengidentifikasi hasil belajar geografi siswa SMA/MA di
wilayah perkotaan dan perdesaan, (3) menganalisis hubungan
ketersediaan komponen pembelajaran geografi dengan hasil belajar
geografi siswa SMA/MA di wilayah perkotaan dan perdesaan
Kabupaten Buleleng. Rancangan penelitian menggunakan rancangan
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh SMA/MA di
Kabupaten Buleleng yang memiliki nilai ujian nasional geografi tahun
pelajaran 2016/2017. Data dikumpulkan menggunakan metode
pencatatan dokumen yang dilengkapi dengan metode observasi dan
dokumentasi yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan komponenkomponen
pembelajaran geografi yang dimiliki SMA/MA antara wilayah
perkotaan dan perdesaan di Kabupaten Buleleng. 2) Rata-rata hasil belajar geografi siswa SMA/MA di
wilayah perdesaan dan perkotaan Kabupeten Buleleng terkategori kurang. 3) Kulifikasi guru geografi
tidak menunjukkan hubungan yang jelas dengan hasil belajar geografi siswa.
dengan tujuan: (1) mengidentifikasi sebaran komponen pembelajaran
geografi SMA/MA di wilayah perkotaan dan perdesaan Kabupaten
Buleleng, (2) mengidentifikasi hasil belajar geografi siswa SMA/MA di
wilayah perkotaan dan perdesaan, (3) menganalisis hubungan
ketersediaan komponen pembelajaran geografi dengan hasil belajar
geografi siswa SMA/MA di wilayah perkotaan dan perdesaan
Kabupaten Buleleng. Rancangan penelitian menggunakan rancangan
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh SMA/MA di
Kabupaten Buleleng yang memiliki nilai ujian nasional geografi tahun
pelajaran 2016/2017. Data dikumpulkan menggunakan metode
pencatatan dokumen yang dilengkapi dengan metode observasi dan
dokumentasi yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan komponenkomponen
pembelajaran geografi yang dimiliki SMA/MA antara wilayah
perkotaan dan perdesaan di Kabupaten Buleleng. 2) Rata-rata hasil belajar geografi siswa SMA/MA di
wilayah perdesaan dan perkotaan Kabupeten Buleleng terkategori kurang. 3) Kulifikasi guru geografi
tidak menunjukkan hubungan yang jelas dengan hasil belajar geografi siswa.
Rincian Artikel
Bagian
Articles