Penerapan Model Case Based Learning (CBL) untuk Mengembangkan Critical Thinking Skills Siswa dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Kuta Utara

Isi Artikel Utama

Ni Putu Irma Dharmayanthi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengimplementasian Model Case Based Learning dalam mengembangkan Critical Thinking Skills siswa pada pembelajaran geografi di SMA N 1 Kuta Utara, menganalisis Critical Thinking Skills siswa setelah model Case Based Learning diimplementasikan dalam pembelajaran Geografi di SMA N 1 Kuta Utara, dan menganalisis dampak model Case Based Learning terhadap Critical Thinking Skills siswa dalam pembelajaran Geografi di SMA N 1 Kuta Utara. Populasi Penelitian ini adalah Siswa kelas XI IPS yang berjumlah 208 orang dan Guru yang mengajar di SMA Negeri 1 Kuta Utara yang berjumlah 2 orang. Penentuan sampel secara Purposive Random Sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental (eksperimen semu) dengan desain Non-equivalent Control Group Desain. Hasil Penelitian menemukan bahwa Model Case Base Learning yang diterapkan oleh guru di SMA Negeri 1 Kuta Utara pada kelas XI IPS 2 dalam pembelajaran geografi sudah terkategori baik dengan nilai rata-rata hasil observasi sebesar 79.35 Berdasarkan hasil pengujian Hipotesis terdapat pengaruh yang cukup signifikan penerapan Model Case Base Learning dengan hasil belajar siswa, dimana terjadi peningkatan hasil belajar saat menggunakan Model Case Base Learning. Berdasarkan eksperimen yang telah dilakukan, Model Case Base Learning terbukti berdampak terhadap peningkatan Critical Thinking Skills siswa yang diterapkan model Case Base Learning, dibanding siswa dengan model konvensional.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Ni Putu Irma Dharmayanthi, Universitas Pendidikan Ganesha

 

 

Referensi

Angela, A., Tjun Tjun, L., Indrawan, S., & Krismawan, R. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kasus Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Akuntansi Universitas Kristen Maranatha. Jurnal Akuntansi Maranatha, 9(2), 104–113. https://doi.org/10.28932/jam.v9i2.470

Astawa, I. B. M. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berkearifan Lokal Suplemen dalam usaha mewujudkan Insan Berkearifanlingkungan pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di …. Seminar Nasional Riset Inovatif, c, 33–39. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/263

Budiamin, A. (2005). Implementasi Pendekatan CTL ( Contextual Teaching dan Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.

C., B. T., Gajanan, D., Gaurav, C., & Vishal, K. (2020). Student Perception and Effectiveness of Case based Learning in Pharmacology. Pravara Medical Review, 12(4), 57–64. https://doi.org/10.36848/PMR/2020/12100.50440

Dewi, C. A., & Hamid, A. (2015). Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Keterampilan Generik Sains dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Pada Materi Minyak Bumi. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 3(2), 294. https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i2.687

Hastuti, H. (2017). Ada Apa Dengan Geografi Manusia? Geomedia: Majalah Ilmiah Dan Informasi Kegeografian, 5(2). https://doi.org/10.21831/gm.v5i2.14064

I Kadek Arta, Ida Bagus Made Astawa, S. (2013). Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching Learning (CTL) Berbantuan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Nusa Penida Tapel 2012/2013. 05.

JDIH. (2003). Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Metropolitan. (2017). Ini Dia Pelajaran Paling Tidak Diminati Jurusan IPS. https://www.metropolitan.id/2017/01/ini-dia-pelajaran-paling-tidak-diminati-jurusan-ips/

Mutmainah, S. (2008). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kasus Yang Berpusat Pada Mahasiswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran Akuntasi Perilaku. 148, 148–162.

Nandi, N. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Geografi Di Persekolahan. Jurnal Geografi Gea, 6(2), 1–9. https://doi.org/10.17509/gea.v6i2.1741

Nuraini, A. (2013). Perbedaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Pada Aspek Kognitif Peserta Didik. Perbedaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Pada Aspek Kognitif Peserta Didik, 13, 1–19.

Nurlaela, A. (2016). Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Dalam Menumbuhkan Sikap Dan Perilaku Keruangan Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea, 14(1), 40–48. https://doi.org/10.17509/gea.v14i1.3361

Pratiwi, H. E., Suwono, H., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Socio-Biological Case Based Learning Terhadap Keterampilan. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 22–30.

Setiawan, I. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Geografi Melalui Pengembangan Media Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 6(2). https://doi.org/10.17509/gea.v6i2.1742

Tumewu, S. (2018). Implementasi Model PQ4R Dalam Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya Dan Alat Optik Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Gorontalo. 203–213.

Angela, A., Tjun Tjun, L., Indrawan, S., & Krismawan, R. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kasus Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Akuntansi Universitas Kristen Maranatha. Jurnal Akuntansi Maranatha, 9(2), 104–113. https://doi.org/10.28932/jam.v9i2.470

Astawa, I. B. M. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berkearifan Lokal Suplemen dalam usaha mewujudkan Insan Berkearifanlingkungan pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di …. Seminar Nasional Riset Inovatif, c, 33–39. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/263

Astawa, I. B. M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Rajawali Pers.

Budiamin, A. (2005). Implementasi Pendekatan CTL ( Contextual Teaching dan Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.

C., B. T., Gajanan, D., Gaurav, C., & Vishal, K. (2020). Student Perception and Effectiveness of Case based Learning in Pharmacology. Pravara Medical Review, 12(4), 57–64. https://doi.org/10.36848/PMR/2020/12100.50440

Dewi, C. A., & Hamid, A. (2015). Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Keterampilan Generik Sains dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Pada Materi Minyak Bumi. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 3(2), 294. https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i2.687

Hastuti, H. (2017). Ada Apa Dengan Geografi Manusia? Geomedia: Majalah Ilmiah Dan Informasi Kegeografian, 5(2). https://doi.org/10.21831/gm.v5i2.14064

I Kadek Arta, Ida Bagus Made Astawa, S. (2013). Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching Learning (CTL) Berbantuan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Nusa Penida Tapel 2012/2013. 05.

JDIH. (2003). Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Metropolitan. (2017). Ini Dia Pelajaran Paling Tidak Diminati Jurusan IPS. https://www.metropolitan.id/2017/01/ini-dia-pelajaran-paling-tidak-diminati-jurusan-ips/

Mutmainah, S. (2008). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kasus Yang Berpusat Pada Mahasiswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran Akuntasi Perilaku. 148, 148–162.

Nandi, N. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Geografi Di Persekolahan. Jurnal Geografi Gea, 6(2), 1–9. https://doi.org/10.17509/gea.v6i2.1741

Nuraini, A. (2013). Perbedaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Pada Aspek Kognitif Peserta Didik. Perbedaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Pada Aspek Kognitif Peserta Didik, 13, 1–19.

Nurlaela, A. (2016). Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Dalam Menumbuhkan Sikap Dan Perilaku Keruangan Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea, 14(1), 40–48. https://doi.org/10.17509/gea.v14i1.3361

Pratiwi, H. E., Suwono, H., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Socio-Biological Case Based Learning Terhadap Keterampilan. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 22–30.

Setiawan, I. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Geografi Melalui Pengembangan Media Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 6(2). https://doi.org/10.17509/gea.v6i2.1742

Tumewu, S. (2018). Implementasi Model PQ4R Dalam Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya Dan Alat Optik Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Gorontalo. 203–213.