Penerapan Problem Based Learning Model dalam Pembelajaran Geografi untuk Mengembangkan Keterampilan Belajar Abad 21 pada Siswa di SMA Negeri 1 Taliwang
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Problem Based Learning Model dalam pembelajaran geografi untuk mengembangkan keterampilan belajar abad 21, menganalisis keterampilan belajar abad 21 pada siswa, sebelum dan sesudah diimplementasikan Problem Based Learning Model dalam pembelajaran geografi, dan menganalisis perbedaan keterampilan belajar abad 21 siswa sebelum dan sesudah diterapkannya Problem Based Learning Model dalam pembelajaran geografi. Rancangan penelitian menggunakan Quasi Experiment dengan Non-Equivalent Control Group Design. Kelas eksperimen dan kontrol ditentukan menggunakan simple random sampling setelah dilakukan uji kesetaraan. Pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi, dan lembar pencatatan dokumen yang selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan inferensial dengan independent student t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem Based Learning Model untuk mengembangkan keterampilan belajar abad 21 dapat diimplementasikan dalam pembelajaran Geografi dengan kategori ‘sangat baik’. Nilai rata-rata keterampilan belajar abad 21 pada siswa, sebelum diimplementasikan Problem Based Learning Model dalam pembelajaran geografi adalah 63,23 dan menjadi 83,87 sesudah Problem Based Learning Model diimplementasikan dalam pembelajaran geografi, dan terdapat perbedaan keterampilan belajar abad 21 siswa secara signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkannya Problem Based Learning Model dalam pembelajaran geografi (0,00 < 0,05). Sehingga, pembelajaran geografi dapat terlaksana, sehingga bersamaan dengan itu keterampilan belajar abad-21 dengan 4C juga dapat diwujudkan dalam pembelajaran geografi.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Amin, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Geografi. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 4(3).
Armando, R. (2019). Mewujudkan Keterampilan 4C Siswa di Abad 21 melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi 4c(Communication, Collaboration, Critical Thinking Dancreative Thinking) untuk Menyongsong Era Abad 21. Prosiding : Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1).
Hadi, H. (2020). Penguatan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Pembelajaran Geografi Abad 21. Jurnal Genta Mulia, XI(2), 220–232.
Hindriyanto, R. A., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1092–1096. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12682
Irmawati. (2019). Application Of Learning Models Based On Learning Issues To Improve The Results Of The X-Grade Geography Learning Of Iis 1 High School Students 9 Sinjai. La Geografia, 17(3), 139–148.
Lestari, M., Suharni, E., & Banowati, E. (2018). Edu Geography Efektivitas Model Problem Based Learning Mata Pelajaran Geografi Materi Pokok Ketahanan Pangan, Energi, dan Industri di Kelas XI SMA Negeri 3 Pekalongan. Edu Geography, 6(1), 33–43.
Lestari, T. R. (2015). Model Prolem Based Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Geografi Gea, 15(1), 17–23. https://doi.org/10.17509/gea.v15i1.4181
Muliarta, I. K. (2018). Menerjemahkan Perubahan dari TCL (Teacher Center Learning) ke SCL (Student Center Learning). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 76–86.
Nawalinsi, & Masruri, M. S. (2016). Keefektifan Pendekatan Scientific Dengan Metode PjlB, PBL, Inquiry, dan Discovery Dalam Pembelajaran Geografi. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(2). https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12578
Nurhayadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Gramasurya.
Safrina, R., Riswandi, & Sugiman. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Kelas IV. Jurnal FKIP Unila Jalan Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 01 Bandar Lampung, 4(3), 2685–2692. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/760
Sujiono, Handoyo, S., & Ruja, I. N. (2017). Memecahkan Masalah Geografi Melalui Problem Based Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 14–20. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p072
Sukmawati, N. M. I., Dantes, N., & Dibia, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 198–206. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/19390/11461