PENGARUH PEMANFAATAN MUSEUM GEOLOGI SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATERI LITOSFER
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sumber informasi di museum geologi yang bermanfaat bagi pembelajaran geografi, mengembangkan museum geologi sebagai sumber belajar materi litosfer, dan menganalisis pengaruh museum geologi terhadap pemahaman peserta didik terhadap materi litosfer. Metode survei digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh museum geologi terhadap pemahaman peserta didik terhadap materi litosfer. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik dari kelas X SMA Alfa Centauri tahun pelajaran 2022/2023. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk mengindentifikasi sumber informasi di museum geologi dan pemahaman peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 26 peserta didik mengalami peningkatan pemahaman yang cukup signifikan, 21 peserta didik peningkatan pemahamannya tergolong sedang, dan sisanya tidak mengalami peningkatan pemahaman sama sekali. Pengujian pengaruh dua variable dilakukan melalui Uji Wilcoxon dan ditemukan nilai signifikansi 0.000 (p<0,05), yang menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari pemanfaatan Museum Geologi sebagai sumber belajar terhadap tingkat pemahaman materi litosfer.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Arikunto, S., Suyono, H., & Supardi, Z. A. I. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Bagus, S. (2020). Teknik Sampling.
Bruner, J. (1983). In search of mind: Essays in autobiography. New York: Harper & Row.
Cloke, P., Crang, P., & Goodwin, M. (Eds.). (2013). Introducing Human Geographies (3rd ed.). Routledge.
Darwis, Y., Adisurya, R., Somantri, Y., & Maryanto, S. (2019). Museum Geologi: Identitas dan Peran sebagai Pusat Pendidikan dan Penelitian dalam Meningkatkan Pemahaman Masyarakat tentang Geologi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(2), 221-226.
Engelen, J. A., Camp, G., van de Pol, J., & de Bruin, A. B. (2018). Teachers’ monitoring of students’ text comprehension: can students’ keywords and summaries improve teachers’ judgment accuracy?. Metacognition and learning, 13, 287-307.
Faiza, A., Choudhary, Z., & Soomro, N. A. (2020). Effectiveness of Environmental Education in Teaching Geography in Pakistan: A Case Study of Secondary School Students. Journal of Education and Practice, 11(21), 52-62.
Hurlock, E.B. (1980). Child Development (Fourth Edition). McGraw-Hill Inc.
Islamy, I. (2019). Penelitian Survei dalam Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa Inggris. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Mayer, R. E. (2019). The promise of multimedia learning: Using the science of learning to transform education. British Journal of Educational Technology, 50(5), 2394-2406.
Nurhayati, S., & Asmara, R. A. (2018). Potret Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Geografi pada Peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 163-169.
Ozturk, T. R., Yalcin, S., & Aslan, B. (2016). The role of outdoor education in the development of students’ environmental attitudes. Universal Journal of Educational Research, 4(3), 644-651.
Sanjaya, Winna. (2008) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grouf.
Sari, E. A., & Sabri, S. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan Geografi, 25(2), 90-99.
Setiawan, D., Suyatna, A., & Rustaman, N. Y. (2019). Penggunaan Media Nyata dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 15(2), 117-123.
Suparno. (2005). Strategi Pembelajaran Geografi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Witham Bednarz, S., et al. (2019). The Importance of Fieldwork in Geography Education: A Review of the Literature and Implications for Teaching and Learning. Journal of Geography in Higher Education, 43(2), 169-188.
Xefteris, S., Palaigeorgiou, G., & Tsorbari, A. (2019). A learning environment for geography and history using mixed reality, tangible interfaces and educational robotics. In The Challenges of the Digital Transformation in Education: Proceedings of the 21st International Conference on Interactive Collaborative Learning (ICL2018)-Volume 2 (pp. 106-117). Springer International Publishing.