Pengaruh Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 3 Pontianak
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas X geografi IPS SMA Negeri 3 Pontianak dipengaruhi oleh penggunaan bahan ajar wordwall. Metode penelitian Nonequivalent Control Group Design (Quasi Experiment Design) digunakan dalam penelitian ini. Purposive sampling digunakan untuk memilih kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol sebagai sampel. Tes, observasi, dan dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Lembar tes, lembar observasi, dan lembar dokumentasi merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data. Uji t sampel independen dan uji statistik parametrik digunakan untuk menguji hasil belajar siswa. Diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,31 0,05 pada penelitian ini yang menunjukkan bahwa siswa yang memanfaatkan media pembelajaran Google Form dan media pembelajaran wordwall memiliki hasil belajar yang berbeda. Dengan effect size 0,44, maka dampak media pembelajaran wordwall masuk dalam kategori pengaruh sedang.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Agustina, D.R., & Wibawa, R.P. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 7(2), 137.
https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779
Andini, Ayu. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Periodik Unsur. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Hafni. (2021). Pemanfaatan Internet pada Smartphone dalam Mendukung Kegiatan Bisnis Online di Lingkungan Arisan RT. Jurnal COSCIS, 1(2), 9.
Hidayati, Alfina. (2020). Pengaruh Media Wordwall terhadap Minat dan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 1-11.
Mahat, H., Arshad, S., Saleh, Y., Aiyub, K., Hashim, M., & Nayan, N. (2020). Penggunaan dan Penerimaan Bahan Bantu Mengajar Multimedia terhadap Keberkasan Pembelajaran Geografi. Malaysian Journal of Society and Space, 16(3), 219-234.
https://doi.org/10.17576/geo-2020-1603-16
Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misyikat, 3(1).
Rohmatunnisa, Aldika. (2022). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Hasil Belajar Menyimak Teks Biogrfi di SMAS Triguna Utama Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Suardi. (2019). Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada PT Bank Mandiri, Tbk Kantor Cabang Pontianak. Journal Business Economics and Entrepreneurship, 10–18. Diunduh dari https://media.neliti.com/media/publications/328981-pengaruh-kepuasann-kerja-terhadap-kinerja-9fd68964.p
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Qibthiyah, Maria Tul. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Invertebrata Kelas X IPA di SMA Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Thesis.
Yanti, Y, Marzuki, Y & Sawitri, Y. (2020). Meta Analisis: Pengaruh Media Virtual Laboratory dalam Pembelajaran Fisika terhadap Kompetensi Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 6(2), 146–154. Diperoleh dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article [5 Februari 2022]