Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Sikap Sosial Siswa di SMAN 2 Banjar
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh signifikan penerapan model kooperatif tipe team games tournament untuk meningkatkan motivasi belajar dan sikap sosial siswa, menganalisis pengaruh signifikan model kooperatif tipe team games tournament terhadap motivasi belajar siswa, dan menganalisis pengaruh signifikan model kooperatif tipe team games tournament terhadap sikap sosial siswa. Rancangan penelitian menggunakan Quasi Experiment dengan Non- Equivalent Control Group Design. Kelas eksperimen dan kontrol ditentukan menggunakan simple random sampling setelah dilakukan uji kesetaraan. Pengumpulan data menggunakan angket dan lembar pencatatan dokumen yang selanjutnya data dianalisis menggunakan uji multivariant analisis (Manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif tipe team games tournament meningkatkan motivasi belajar dan sikap sosial siswa dengan kategori ‘sangat baik’. Nilai rata-rata motivasi belajar dan sikap sosial siswa di kelas eksperimen masing-masing 77,64 dan 80,19, sedangkan di kelas kontrol 67,66 dan 67,26 Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa baik secara parsial maupun simultan.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Achdiyat, M., & Andriyani, F. (2016). Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Model Pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 246–255. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.996
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Anjelita, C. (2022). Pendidikan yang Berkualitas. ReseachGate, June, 1–7.
Dewi, C., Widiawati, S., Anitra, U., & Mertika, R. (2021). Analisis Sikap Sosial Siswa pada Pembelajaran IPS: Studi Kasus di SD Negeri 38 Sengawang Hilir Kelas 4. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 3(2), 141–150. http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse
Bayu, A. N., Sumarmi, P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament TerhadapMotivasi Belajar Geografi siswa kelas X SMAN 10 Malang. Media Komunikasi Geografi, 17, 1–12.
Dewi, F. (2019). Peran Kinerja Guru. 289–298.
Hidayah, R. N., Nisa, J., & Nurochim, N. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Pelajaran Geografi Kelas X IPS2 (Studi Kasus Madrasah Aliyah Nur As-Sholihat). Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 9(1), 7–14. https://doi.org/10.15408/sd.v9i1.24932
Mardayanti, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments ( TGT ) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prosedur Administrasi di SMK Batik 2 Surakarta. 2, 121–134.
Muryani, S. (2019). Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berlatih Lari Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Nganjat Polanharjo Klaten 2018/2019 Semester I. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(4), 260–270.
Nur’aini, F., Ulumuddin, I., Sari, L. S., & Fujianita, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018. Pusat Penelitian Kebijakan, 3, 1–10.
Nuraida, I. (2021). Penerapan Model Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Iis 3 Sma Negeri 1 Telagasari Pada Mata Pelajaran Geografi. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 127–132. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.837
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, November, 289–302.
Rismayani, L. D., Kertih, I. W., & Sendratari, L. P. (2020). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(1), 8–15. https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.3164
Samara, D. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri Model Terpadu Madani Palu. Katalogis, 4(7), 205–214.
Sitti R. D. (2019). Perbandingan hasil belajar PAI melalui model pembelajaran kooperatif learning tipe TGT dan Jiqsaw. Jurnal Al-Ta’dib, 59.
Suprianingsih, H., Ananda, R., & Daulay, M. I. (2023). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Meningkatkan Sikap Sosial Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament ( TGT ) Siswa Sekolah Dasar. 49–56.
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sma Di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683–2694.
Tristaningrat, M. A. N., Mahartini, K. T., & Dewi, L. N. K. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games- Tournament (TGT) Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas V SDN 1 Padangbulia Tahun Ajaran 2019/2020. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 21–28.