Peningkatan Pengetahuan Mitigasi Bencana Banjir dengan Bermain Peran pada Siswa SDN Bidaracina 05 Kelurahan Bidara Cina

Isi Artikel Utama

Silvia Widyarini
Rayuna
Fauzi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bermain peran dapat meningkatkan pengetahuan siswa kelas 5 SDN Bidaracina 05 mengenai mitigasi bencana banjir menggunakan metode kuantitatif dengan pre-experimental design jenis pre-test and post-test one group design. Teknik pengumpulan data terdiri dari pretest dan posttest serta observasi pada siswa kelas 5 sebanyak 57 siswa, sehingga pengumpulan sampel yang digunakan ialah sensus atau jenuh yang merupakan populasi pada penelitian. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis kuantitatif deskriptif dengan uji N-gain untuk mengetahui apakah ada peningkatan pengetahuan serta tingkat efektivitas bermain peran dalam meningkatkan pengetahuan siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest yaitu 57,2 dan rata-rata nilai posttest sebesar 84,7 sehingga menunjukkan adanya peningkatan. Berdasarkan perhitungan N-gain dari nilai pretest dan postest seluruh siswa tersebut menunjukkan hasil sebesar 0,6898 yang masuk pada kategori sedang, artinya bermain peran cukup efektif dalam meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana banjir pada siswa kelas 5 SD di SDN Bidaracina 05.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Astuti, S. I., & Sudaryono. (2010). Peran sekolah dalam pembelajaran mitigasi bencana. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, 1(1), 30–42.

Asyari, W. H. (2023). Penerapan Pembelajaran Field Trip Sebagai Sumber Belajar Geografi pada Objek Wisata Hutan Mangrove Karangsoang pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Sindang Kabupaten Indramayu. Universitas Negeri Jakarta.

Badan Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana. (2007). Pengenalan karakteristik bencana dan upaya mitigasinya di Indonesia. Pelaksana Harian, Badan Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana.

Badan Pusat Statistik Kota Jakarta Timur. (2021). Kecamatan Jatinegara Dalam Angka 2021.

Billa, S. (2022). Tingkat Kesiapsiagaan Pemilik Warung Kelontong Terhadap Bencana Banjir di Wilayah Rawan Banjir Sepanjang Ciliwung Kecamatan Jatinegara.

Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia.

Herdwiyanti. (2012). Perbedaan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Ditinjau dari Tingkat Self-Efficacy pada Anak Usia Sekolah Dasar di Daerah Dampak Bencana Gunung Kelud. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2011). Models of Teaching: Model-Model Pengajaran (8th ed.). Pustaka Pelajar.

Kementerian Kesehatan RI. (2014, July 23). Kondisi Pencapaian Program Kesehatan Anak Indonesia. 1–12. https://medbox.org/document/kondisi-pencapaian-program-kesehatan-anak-indonesia#GO

LIPI-UNESCO/ISDR, 2006, Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Mengantisipasi Bencana Gempa Bumi &

Tsunami. Jakarta: Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Qurrotaini, L., & Nuryanto, N. (2020). Implementasi Pendidikan Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi dalam Pembelajaran IPS SD. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(01), 37-44. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i01.885

Pitang, Y., Irman, O., & Nelista, Y. (2020). The effect of training on preparedness disaster on the preparedness of elementary school children in overcoming the disaster of volcano eruption of Mount Egon in Lere Catholic Elementary School. NurseLine Journal, vol 4 no (2), hal: 139-145.

Tersedia: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/NLJ/article/view/14356

Prihadi, S. (2017). Penguatan Ketrampilan Abad 21 Melalui Pembelajaran Mitigasi Bencana Banjir (Studi Kasus: Pembelajaran Non Formal Anak-anak Bantaran Bengawan Solo di Desa Nusupan). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP UMP 2017, 1–7. http://www.serc.carleton.edu/research_on_learning/synthesis/spatial.

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, Pub. L. No. 24, 1 (2007). https://peraturan.bpk.go.id/Download/29492/UU%20Nomor%2024%20Tahun%202007.pdf

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, 1 (2008). https://peraturan.bpk.go.id/Download/36842/PP%2021%20Tahun%202008.pdf

Sabri. 2014. Pengaruh Pengintegrasian Materi Kebencanaan ke Dalam Kurikulum Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami pada Siswa SD dan Menengah di Banda Aceh. Banda Aceh: Program Magister Ilmu Kebencanaan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh.

Sari, D. P., & Suciana, F. (2019). Pengaruh Edukasi Audio Visual Dan Role Play Terhadap Perilaku Siaga Bencana Pada Anak Sekolah Dasar. Journal of Holistic Nursing Science, 6(2), 44–51. https://doi.org/10.31603/nursing.v6i2.2543

Setyowati, D. L. (2010). Buku Ajar Erosi dan Mitigasi Bencana. Sanggar Krida Aditama.

Sumantri. (2023, November 30). Pemukiman Bidara Cina Terendam Banjir Setinggi 1 Meter. Pemukiman Bidara Cina Terendam Banjir Setinggi 1 Meter Sumber: https://mediaindonesia.com/megapolitan/633729/pemukiman-bidara-cina-terendam-banjir-setinggi-1-meter

Syamila, A. I., Nurika, G., & Ridzkyanto, R. P. (2023). Sekolah Siaga Bencana: Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Siswa dalam Upaya Mitigasi Bencana Gempa Bumi di SDN 1 Panji Lor Situbondo. Jurnal Panria Abdi, 7(2), 390-397. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi

Syuaib, M. Z. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Simulasi Vs Bermain Peran dan Sikap Siswa terhadap Pengetahuan dan Kesiapsiagaan tentang Bencana Alam. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(2), 177-189.