PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN 3D MATERI TATA SURYA TERKINI BERBASIS ReQOL DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA.
Isi Artikel Utama
Abstrak
Berdasarkan data angket analisis kebutuhan siswa SMAN Rambipuji membutuhkan media pembelajaran yang inovatif dan mudah digunakan. Penelitian ini menyiapkan video animasi pembelajaran 3D materi tata surya terkini berbasis ReQOL. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukkan validasi dari ahli materi yaitu 85% dan 92,5% serta hasil validasi dari ahli media dan praktisi pembelajaran geografi yaitu 98% dan 90%. Angket respon siswa kelompok kecil dan besar berturut-turut penilaian per indikator adalah 82%-100%. dan 85%-95,80%. Dari hasil validasi dan angket respon siswa bahwa video ini termasuk kedalam kualifikasi sangat baik dengan keterangan sangat layak, tidak perlu direvisi. Kesimpulan dari jjpenelitian ini adalah video animasi pembelajaran 3D materi tata surya terkini berbasis ReQOL ini masuk kedalam kualifikasi sangat baik dengan keterangan sangat layak, tidak perlu direvisi. Video ini telah dapat digunakan sebagai media pembelajaran inovatif dalam pembelajaran geografi di SMA dengan pengenalan planet baru.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Addison, B. C., Knudstrup, E., Wong, I., Hebrard, G., Dorval, P., Snellen, I., ... & McLean, B. (2021). TOI-1431b/MASCARA-5b: a highly irradiated ultrahot Jupiter orbiting one of the hottest and brightest known exoplanet host stars. The Astronomical Journal, 162(6), 292.
Arina, N. K. S. A., & Parmiti, D. P. (2021). Validitas Video Pembelajaran Topik Jarak dan Kecepatan pada Pembelajaran Matematika SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 229-237.
Astutik, S., Mahardika, I. K., & Sugianto, F. (2020). Development of reqol (real quest outdoor learning) learning model to improve critical thinking skills (criticall thinking skill) in physics education. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 485, No. 1, p. 012111). IOP Publishing
Astutik, S., & Mahardika, I. K. (2020). HOTS student worksheet to identification of scientific creativity skill, critical thinking skill and creative thinking skill in physics learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1465, No. 1, p. 012075). IOP Publishing.
Astutik, S., Susantini, E., & Nur, M. (2020). The Effectiveness of Collaborative Creativity Learning Models (CCL) on Secondary Schools Scientific Creativity Skills. International Journal of Instruction, 13(3), 525-538.
Baskara, M. R. A., Astutik, S., Apriyanto, B., Mujib, M. A., & Susiati, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL) Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial dan Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, 6(2), 236-247.
Batalha, N. M., Borucki, W. J., Bryson, S. T., Buchhave, L. A., Caldwell, D. A., Christensen-Dalsgaard, J., ... & Gould, A. (2011). Kepler's first rocky planet: Kepler-10b. The Astrophysical Journal, 729(1), 27.
Daylan, T., Günther, M. N., Mikal-Evans, T., Sing, D. K., Wong, I., Shporer, A., ... & Villasenor, J. N. (2021). TESS observations of the WASP-121 b phase curve. The Astronomical Journal, 161(3), 131.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.
Fathun, (2020). Seri Otomotif SMK : Gambar dan Teknik Otomotif untuk SMK/MAK kelas X. Bali : Nilacakra.
Farida, F. N., & Hasanah, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas VII SMP/MTS. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 3(1), 26-35.
Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28-37.
Hulqi, R. H., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Pengembangan Video Animasi Materi Tata Surya Kelas VI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Mi Muhammadiyah 2 Kedungbanteng. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 22(2), 237-252.
Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. In ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 293-304.
Johari, A., Hasan, S., & Rakhman, M. (2016). Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 8.
Junaidi, S., Astuti, I., & Enawaty, E. (2022). Pengembangan video animasi pembelajaran materi tata surya mata pelajaran geografi di sekolah menengah atas. Jurnal Education and Development, 10(2), 16-22.
Laksono, D., Iriansyah, H. S., & Oktaviana, E. (2020). Pengembangan media pembelajaran video interakif powtoon pada mata pelajaran ipa materi komponen ekosistem. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 255-262).
McCullough, P. R., Crouzet, N., Deming, D., & Madhusudhan, N. (2014). Water vapor in the spectrum of the extrasolar planet HD 189733b. I. The transit. The Astrophysical Journal, 791(1), 55.
Meilandari, N. K. M., & Asril, N. M. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Video Scribe Pada Penjumlahan Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha. 10(03), 508-515.
Muspawi, M., & Claudia, P. R. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Belajar di SMA Swasta Pelita Raya Kota Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 2(2), 180-192.
Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).
Nazmi, M. (2017). Penerapan media animasi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi di SMA PGII 2 Bandung. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1), 48-57
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1).
Permansah, S., & Murwaningsih, T. (2018). Media Pembelajaran Digital: Kajian Literatur Tentang Dampak Penggunaan Media Pembelajaran Digital di SMK. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran.
Putri, A. G., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Video Animasi Materi Sistem Tata Surya Berorientasi Problem Based Learning dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 106-116.
Rahmat. (2022). Inovasi Pembelajaran PAI Reorientasi aplikatif implementatif. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Ramdani P. (2021). Media Pembelajaran Animasi. Sukabumi : Farha Pustaka
Santi, N., Sarbaini, S., & Utama, A. H. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Tata Surya kelas VII Di SMP Negeri 25 Banjarmasin. J-INSTECH, 4(1), 135-140.
Saparuddin. (2022). Inovasi Pembelajaran. Sukabumi : CV Jejak.
Septarianto, M. F., Astutik, S., Kurnianto, F. A., Kantun, S., & Pangastuti, E. I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborrative Creativity (CC) Berbasis Daring & Luring Terhadap Kemampuan Kolaboratif Ilmiah dan Hasil Belajar Geografi Siswa. Majalah Pembelajaran Geografi, 5(2), 69-81.
Sindhu Y. (2016). Geografi Jilid 1 untuk SMA/MA kelas X kelompok peminatan. PT. Gelora Aksara Pratama.
Shan, Y., & Li, G. (2018). Obliquity variations of habitable zone planets Kepler-62f and Kepler-186f. The Astronomical Journal, 155(6), 237.
Sholeha, S., Fikriyah, A., Ahied, M., Hadi, W. P., & Yamin, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Tata Surya untuk Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(2), 81-89.
Sloane, S. A., Guinan, E. F., & Engle, S. G. (2023). Super-Earth GJ 667Cc: Age and XUV Irradiances of the Temperate-zone Planet with Potential for Advanced Life. Research Notes of the AAS, 7(6), 135.
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Taufan, A., Astutik, S., Mujib, M. A., Nurdin, E. A., & Apriyanto, B. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 11(2), 133-143.
Warid, T. H., Yushardi, Y., Mujib, M. A., Astutik, S., & Apriyanto, B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE) Berbantuan Kahoot Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(2), 175-185.
Wijayanti, D., Anwar, S., Khairani, K., & Sukhaimi, N. A. (2022). Implementasi Inovasi Pembelajaran Geografi Tingkat SMA Dalam Kurikulum 2013. Journal on Education, 4(2), 837-843.
Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146.