ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA

Authors

  • N. K.A. Damayanti Universitas Pendidikan ganesha
  • S. Maryam Universitas Pendidikan Ganesha
  • I. W. Subagia Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v3i2.21141

Keywords:

analisis, pelaksanaan praktikum kimia

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) topik/materi praktikum kimia yang dilaksanakan dalam pembelajaran kimia; (2) pelaksanaan praktikum kimia; dan (3) faktor-faktor yang memengaruhi pelaksanaan praktikum kimia di SMA Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah guru kimia, kepala laboratorium, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) Topik/materi praktikum kimia yang direncanakan oleh guru kimia di SMA Negeri 3 Singaraja tidak semua dapat dilaksanakan. Pada kelas X dilaksanakan dua topik/materi praktikum kimia dari tiga topik/materi yang direncanakan. Pada kelas XI dilaksanakan lima topik/materi praktikum kimia dari sembilan topik yang direncanakan. Pada kelas XII dilaksanakan satu topik/materi praktikum kimia dari empat topik/materi praktikum kimia yang direncanakan. (2) Pelaksanaan praktikum kimia di SMA Negeri 3 Singaraja dilaksanakan secara berkelompok dan dibimbing oleh guru kimia. (3) Faktor-faktor yang memengaruhi pelaksanaan praktikum kimia di SMA Negeri 3 Singaraja yaitu kesiapan guru dan siswa untuk melaksanakan praktikum kimia, laboratorium kimia, alat dan bahan praktikum, waktu pembelajaran, serta laboran.

 

ABSTRACT

This research aimed to describe and explain (1) the practicum topic conducted in chemistry learning; (2) the implementation of chemistry practicum; and (3) factors that influence the implementation of chemistry practicum in SMA Negeri 3 Singaraja. The research was a qualitative research with a phenomenology approach. The subjects of this research were chemistry teachers, laboratory head, and students. The data collection techniques used in this research were document studies, observations, and interviews. The results of this research are (1) the chemistry practicum topic planned by four teachers’ chemistry in SMA Negeri 3 Singaraja is not all workable. In the tenth grade two chemistry practicum topics were hold out of three planned topics. In the eleventh grade five chemistry practicum topic were hold out of nine planned topics. In the twelfth grade hold one chemistry practicum topics of four planned topics. (2) Chemistry practicum in SMA Negeri 3 Singaraja was carried out by groups and guided by chemistry teacher. (3) Factors influencing the implementation of practicum chemistry in SMA Negeri 3 Singaraja were teachers and students’ readiness, chemistry laboratory, tools and practicum material, learning time, and laboratory assistant.

 

References

Apriani, N. K. T. 2017. Analisis Pelaksanaan Praktikum Kimia di SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Ganesha.

Ariani, N. K. 2016. Analisis Pelaksanaan Praktikum Kimia Kelas XI di SMA Negeri 1 dan 2 Semarapura Pada Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Ganesha.

Faika, S dan S. Side. 2011. Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Perkuliahan dan Praktikum Kimia Dasar di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar. Jurnal Chemica, Vol. 12, No. 2 (tanpa hlm).

Laksmi, I. G. A., I. G. L. Wiratma, dan I.W. Subagia. 2014. Equipments and Materials Management of Chemistry Laboratory at SMAN 1 Seririt. E-Journal Kimia Visvitalis Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2, No. 1 (hlm. 48-55).

Mamlok-Naaman, R. N. 2012. Laboratory Activities in Israel. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, Vol. 13, No. 9 (hlm. 49-57).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Proses Pendidkan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah/Madrasah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Laboratorium untuk Sekolah/Madrasah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ratmini, W. S. 2017. The Implementation of Chemistry Practicum at SMA Laboratorium Undiksha Singaraja in the School Year 2016/2017, Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 6, No. 2 (hlm. 242-254).

Samiasih, L., I. W. Muderawan, dan I. W. Karyasa. 2013. Analisis Standar Laboratorium Kimia dan Efektifitasnya Terhadap Capaian Kompetensi Adatif di SMK Negeri 2 Negara. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 3 (tanpa hlm).

Wiratma, I. G. L., dan I. W. Subagia. 2014. Pengelolaan Laboratorium Kimia Pada SMA Negeri di Kota Singaraja: (Acuan Pengembangan Model Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia Berbasis Kearifan Lokal Tri Sakti), Jurnal Pendidikan Nasional. Vol. 3, No. 2 (hlm. 425–436).

Downloads

Published

2019-09-27

Issue

Section

Articles