PENILAIAN SIKAP SEBAGAI DAMPAK PENGIRING PEMBELAJARAN PRAKTIKUM KIMIA

Authors

  • Ni Putu Nanik Puspita Sari Universitas Pendidikan ganesha
  • I Ketut Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v3i2.21143

Keywords:

penilaian sikap, pendidikan karakter dan dampak pengiring.

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan penilaian sikap sebagai dampak pengiring pembelajaran praktikum kimia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), guru kimia, siswa, waka kurikulum, pengawas eksternal dan pedoman penilaian sikap. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumen. Uji keabsahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu, perencanaan penilaian sikap, guru merencanakan penanaman nilai karakter serta melakukan penilaian sikap yang terlihat pada RPP yang disusun oleh guru. Pada pelaksanaan penilaian sikap, guru melakukan penanaman sikap sesuai yang dirancang pada RPP. Nilai karakter yang terdapat pada irisan dari sikap sosial, pendidikan karakter dan softskills guru sudah menanamkan semua nilai karakter. Pada saat penilaian sikap guru hanya menilai sikap siswa menggunakan penilaian jurnal berdasarkan hasil observasi guru serta guru hanya menilai tiga sikap yang ditanamkan yauu rasa ingin tahu, jujur, disiplin dan tanggungjawab. Pengawasan penilaian sikap dilakukan oleh pengawas sekolah dan waka kurikulum pada tugasnya sebagai supervisi melakukan pengecekan administrasi guru termasuk penilai sikap yang dirancang guru. Pada penilaian sikap terdapat keluhan penilaian sikap, pengawas mengantisipasinya dengan melakukan workshop agar tidak terjasi kesalah dalam melakukan penilaian sikap.

 

Abstract

 

This study aims to describe and explain the attitude assessments as the impact of accompanying the chemical practicum learning. This study was a qualitative research with a phenomenological approach. The subjects in this study were the lesson plans (RPP), chemistry teachers, students, deputy headmaster of the curriculum, external supervisors and attitude assessment rubric. The data collection methods that used in this study were interview, observation and document studies. The validity test used in this study were source triangulation and method triangulation. The data analysis techniques used were data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study were planning the attitude assessment, the teacher planned to embed the character values and conduct an attitude assessment which shown on the lesson plan that prepared by the teacher. In the implementation of the attitude assessment, the teacher implements the embedded attitudes according to the design in the lesson plan. The character values that contained in each of social attitudes, character education and soft skills have been embedded by the teachers. On the attitude assessment phase, the teacher only assessed the student attitudes by using journal assessment based on the results of the teacher's observation and the teacher only assesses the three attitudes that embedded those were curiosity, honesty, discipline and responsibility. Supervision of the attitude assessments was carried out by school supervisors and deputy of the curriculum in their duties as supervisors to check the administration of the teacher including attitude assessors designed by the teacher. On the attitude assessment there was a complaint of the attitude assessment, the supervisor anticipated it by conducting a workshop to not get caught up in making an attitude assessment.

 

 

References

Adawiah, R. 2016. Profeseonalitas Guru dan Pendidikan Karakter (Kajian Emperis di SDN Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 6(1):939-946.

Aiman, U. 2016. Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013; Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah. 1(1):115-122.

Fauzi, A.R, dkk. 2017. Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. 2(2):28-36.

Kemendikbud. 2017. Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendiknas. 2010. Pedoman SekolahPengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta:Kementrian Pendidikan Nasional.

Mariati, M.R dan Riska, C.N. 2012. Penerapan Model Apprentice Training yang Berwawasan Konstruktivisme dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu. 13(2):111-124.

Moleong, L.J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Muhlis. 2018. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid SMAN 4 Bantimurung Maros. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. 2(1): 12-24.

Nufus, S.H, dkk. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Berbasis Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Kimia SMA.Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 05(01):44-51.

Permendikbud RI Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud RI Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud RI Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.

Perpres RI Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Ratnawati, Dianna. 2016. Kontribusi Pendidikan Karakter dan Lingkungan Keluarga terhadap Soft Skills Siswa SMK 1(1): 23-32.

Sasmito, M.A. 2015. Kontrubusi Pengawas Sekolah Terhadap Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan. Journal of EST, 1(2):30-45.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Wiratma, I.G.L. 2013. Pengelolaan Pembelajaran Kimia pada SMAN 1 Singaraja dan SMAN 1 Gianyar: Dekontruksi Implementasi Standar Proses. Disertasi (Tidak diterbitkan). Program Studi Kajian Budaya, Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Downloads

Published

2019-09-27

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.