PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

Made Intan Pradnyamita, I Nyoman Tika, I Ketut Sudiana

Abstract


ABSTRAK

     Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan dan mendeskripsikan karakteristik, (2) validitas, (3) tingkat keterbacaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan model discovery learning pada materi sifat koligatif larutan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan dari 4-D Thiagarajan. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah define, design dan develop. LKS yang dikembangkan terdiri empat subtopik bahasan. Validasi LKS melibatkan satu orang ahli isi, satu orang ahli desain dan media pembelajaran, satu orang ahli Bahasa, dan satu orang praktisi. Uji Keterbacaan dilaksanakan dalam dua tahap yaitu uji one to one   yang melibatkan 3 siswa dan uji small group yang melibatkan 12 siswa kelas XII SMA Negri 5 Denpasar.  Karakteristik LKS dengan model discovery learning pada materi sifat koligatif larutan, yaitu pembelajran berpusat pada siswa, siswa dituntut untuk menemukan sendiri pengetahuannya dengan cara mengeksplorasi dan memecahkan masalah kemudian menggabungkan pengetahuan baru yang telah dimiliki dengan pengetahuan yang sudah ada melalui sintak dari discovery learning. Hasil validasi LKS menunujukkan bahwa LKS yang dikembangkan memenuhi katagori baik. Berdasarkan hasil uji keterbacaan diperoleh tingkat keterbacaan yang baik dan mudah dipahami oleh siswa.

ABSTRACT

            This study aimed to (1) produce and describe the characteristics, (2) the validity, (3) the readability of Student Worksheets (LKS) with discovery learning models in the coligative properties of solutions. This type of research is research and development used the development model of 4-D Thiagarajan. The stages of the research conducted are define, design and develop. The developed worksheet consists of four subtopics. LKS validation involves one content expert, one design expert and learning media, one language expert, and one practitioner. Readability test were carried out in two stages, one to one involving 3 students and a small group involving 12 students of grade XII SMA Negri 5 Denpasar. Characteristics of LKS with discovery learning models in the material of colligative nature of solution, namely student-centered learning, students are required to find their own knowledge by exploring and solving problems and then combining new knowledge they have with existing knowledge through the syntax of discovery learning. The results of the LKS validation show that the LKS developed meets the good categories. Based on the results of a readability test, also had good readability level and can be comprehended by students.

 


Keywords


lembar kerja siswa; discovery learning; sifat koligatif larutan

Full Text:

PDF

References


Anisa, D. A. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pada Materi Teori Tumbukan Berbasis Discovery Learning. Skripsi (diterbitkan online). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Balım, A., G. 2009. The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research, 35, 1-20.

Hubbi, M, & Dasna, I.W., Wonorahardjo, S. 2017. Pengaruh Strategi Pemblajaran Praktikum Sifat Koligatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII. Jurnal Kimia dan Pendidikan. 2(1).

Nurdin, S & Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2013. Kemdikbud RI: Jakarta.

Prastowo, A. 2015.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakaerta: DIVA Press

Subagia, I. W. 2014. Paradigma Baru Pembelajaran Kimia SMA. Seminar Nasional FMIPA Undiksha (hal. 152-163). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Tampubolon, S. C., Rosilawati, I., Fadiawati, N., 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Sifat Koligatif Larutan Elektrolit Berbasis Ketrampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 5(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpk.v3i2.21142

Article Metrics

Abstract view : 1028 times
PDF file view : 743 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL PENDIDIKAN KIMIA UNDIKSHA IS PUBLISHED BY:

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: http://pendidikankimia.undiksha.ac.id/
Email: jurnalpendidikankimiaundiksha@gmail.com

 

Universitas Pendidikan Ganesha



 

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.