ANALISIS KESAPAN BELAJAR SISWA KELAS X MIPA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

Authors

  • Ahmad Ferdian Universitas Pendidikan Ganesha
  • Siti Maryam Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Selamat Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v2i1.21177

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan kesiapan belajar siswa kelas X MIPA ditinjau dari aspek kesiapan fisik, materiil, psikis, dan kognitif dalam pembelajaran kimia di SMA Negeri 4 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah fenomenologi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Singaraja yang berjumlah 188 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kesiapan belajar siswa yang ditinjau dari aspek kesiapan fisik, materiil, psikis, dan kognitif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini di antaranya observasi, pemberian angket, pemberian pretest, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan belajar siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2018/2019 secara umum dalam kategori cukup, yang mana untuk kesiapan belajar siswa dari aspek kesiapan fisik dan materiil termasuk dalam kategori baik, kesiapan belajar siswa dari aspek kesiapan psikis termasuk dalam kategori cukup, dan kesiapan belajar dari aspek kognitif termasuk dalam kategori cukup.

 

Kata kunci: kesiapan belajar, pembelajaran kimia, SMA Negeri 4 Singaraja

 

ABSTRACT

 

This research aims to describe and explain students’ learning readiness of 10th grade mathematic and science in term of aspects physical, material, psychological, and cognitive readiness in learning chemistry at SMA Negeri 4 Singaraja. The type of research was phenomenology using a qualitative approach. The subjects in this reseach were all students’ of 10th grade matematic and science SMA Negeri 4 Singaraja which amounted to 188 people. The object in this reseach was student learning readiness in term of aspects physical, material, psychological, and cognitive readiness. Data collection methods used were observation, questionnaire, giving pretest, and interviews. Data obtained were analyzed using interpretative descriptive technique. The results of this reseach show that the students’ learning readiness of 10th grade mathematic and science SMA Negeri 4 Singaraja for academic year 2018/2019 in general is sufficient category, which for students’ learning readiness from aspects of physical and material readiness was included in the good category, student readiness from aspects of psychological readiness included in sufficient categories, and readiness to learn from cognitive aspects is included in the sufficient category.

 

Keywords: chemistry learning, learning readiness, SMA Negeri 4 Singaraja

References

Ahmad, S. 2014. Probelmatika Kurikulum

dan kepemimpinan

Instruksional Kepala Sekolah.

Jurnal Pencerahan. 8 (2) 98-107.

Aries, E, F. 2011. Asesmen dan Evaluasi.

Yogyakarta: Aditya Media

Publishing.

Arikunto, S. 2013. Metodologi Penelitian

Suatu Pendekatan Proposal.

Jakarta: PT Rineka Cipta

--------------. 2006. Prosedur Penelitian

pendekatan Praktek. Jakarta: PT rineka Cipta

Dantes, N. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Darso. 2011. Kesiapan Belajar Siswa dan Interaksi Belajar Mengajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Invotec. 2

(2) 145-160.

Djamarah, S. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Jakarta: Usaha Nasional.

----------------. 2002. Rahasia Sukses

Belajar. Jakarta: Usaha Nasional. Djiwandono, S, E, W. 2006. Psikologi

Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Effendi. 2017. Hubungan Readiness (kesiapan) Belajar Siswa dengan Hasil Beljar Fisika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja. Jurnal Pendidikan Fisika, 5 (1) 15-24.

Jayadiningrat, M, G, Tika, I, N, Yuliani, N, P. 2017. Meningkatkan Kesiapan dan Hasil Belajar Siswa pada

Pembelajaran Kimia dengan

Pemberian Kuis di Awal Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 1 (1) 8-12.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional

Nomor 11 Tahun 2005 Tentang

Buku Teks Pembelajaran. Jakarta

Riduwan. 2011. Skala Pengukuran

Variabel-Variabel Penelitian.

Bandung: Alfabeta.

Mudjiyono, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

-----------. 2013. Metode dan Teknik

Menyusun Tesis. Bandung:

Alfabeta.

Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran.

Jakarta: Rineka Cipta.

Sari, S, N. 2014. Aalisis kesiapan belajar Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Biologi Kelas X di beberapa SMA Negeri Kota Jambi. Artikel Ilmiah. FKIP Universitas Jambi.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sprenger, M. 2011. Cara Mengajar agar Siswa Tetap Ingat. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, D. 2005. Pengaruh Kesiapan Belajar, Motivasi belajar dan Pengulangan Materi Pelajaran terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas 11 MA Al Asror Gunung Pati

Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi. Semarang: UNS.

Downloads

Published

2018-04-30

Issue

Section

Articles